a

Punya Lahan Besar Tak Terpakai? 6 Ide Bisnis Ini Pasti Cocok Bagi Anda!

Banyak hal penting yang harus disiapkan bila Anda ingin merintis bisnis. Salah satu yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah ketersediaan lahan. Memang sih kini Anda bisa menjalankan bisnis online yang hemat dan tidak butuh lahar besar. Namun, bisnis online yang sudah berkembang pesat juga butuh toko fisik agar lebih mudah dijangkau pelanggan.

Jika Anda memiliki lahan besar yang tidak terpakai, beberapa ide bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda:

Bengkel Kendaraan

Kepemilikan lahan besar yang ditunjang dengan kemampuan reparasi kendaraan membuat Anda cocok merintis bengkel kendaraan, baik motor dan mobil. Terutama jika lahan Anda terletak di kawasan yang strategis. Bengkel mobil memang membutuhkan lahan yang besar agar bisa menampung mobil dan motor dalam jumlah banyak. Selain itu, bengkel kendaraan dengan lahan besar pasti terkesan lebih berkualitas dan profesional dibandingkan kompetitor lainnya.

Sarana Olahraga

Kini, masyarakat modern semakin sadar akan pentingnya pola hidup sehat. Sehingga ketersediaan sarana olahraga menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Lahan besar juga cocok dikembangkan untuk bisnis lapangan futsal, gor Badminton, dan tempat olahraga lainnya. Anda bisa menyiapkan lebih dari satu lapangan bila ukuran lahan Anda benar-benar memadai. Pengelolaan bisnis sarana olahraga yang tepat berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Rumah Kontrakan

Semua orang pasti setuju kalau bisnis rumah kontrakan adalah salah satu jenis bisnis properti yang sangat potensial. Apalagi jika Anda memiliki lahan besar yang letaknya dekat dengan kawasan industri dan fasilitas umum lainnya. Alangkah lebih baik jika Anda memanfaatkan lahan tersebut untuk membuat rumah-rumah petak. Sehingga orang bisa menyewa rumah tersebut dengan sistem bulanan. Anda juga bisa menggunakan sistem instalasi listrik dengan token agar penyewa rumah bertanggung jawab penuh terhadap biaya listrik di rumah kontrakan.

Perkebunan Sayuran

Banyak sekali jenis sayur yang mudah ditanam dan masa panennya relatif singkat. Kalau Anda hobi berkebun, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan lahan pribadi untuk membuka perkebunan sayuran. Jenis sayur berupa sawi dan kangkung biasanya bisa dipanen dalam waktu dua bulan. Selain sayuran, jenis palawija lainnya seperti cabai dan tomat juga tak kalah menguntungkan untuk dibudidayakan. Namun, Anda harus mampu memilih jenis tanaman yang cocok dengan cuaca di sekitar kawasan lahan Anda.

Peternakan

Lahan besar yang terletak di sekitar perkampungan juga tepat untuk merintis bisnis peternakan. Anda harus menyiapkan modal besar dan pengetahuan yang memadai tentang bidang peternakan yang akan Anda kembangkan. Peternakan unggas atau hewan berkaki empat sama-sama membutuhkan perhatian khusus agar hasilnya memuaskan. Di samping itu, Anda juga harus memiliki relasi dengan pihak yang bisa membeli hasil ternak dalam jumlah besar.

Pengolahan Limbah Plastik dan Kardus

Jika Anda menjalankan bisnis pengolahan limbah plastik dan kardus, Anda butuh lahan besar untuk menyimpan bahan baku dan produk hasil olahan. Menyewa lahan besar tentu membutuhkan banyak biaya. Lain halnya bila Anda memang sudah memiliki lahan besar yang siap dimanfaatkan untuk berbisnis. Bisnis pengolahan limbah plastik dan kardus skala besar berpeluang menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Jika Anda hanya memiliki lahan, tetapi Anda tidak memiliki modal untuk membangunnya. Anda bisa mencari teman atau rekanan yang mau bekerjasama dengan Anda. Sehingga Anda bisa bagi hasil dengannya dengan mengambil keuntungan yang diperoleh.

 

Share With:
Rate This Article
trackback
Inspirasi: Bagaimana Cara Memajukan Sebuah Bisnis dari Yustamaro Rodadua.id

[…] total untuk terjun pada bidang bisnis. Namun, pada umumnya mereka sering dipusingkan mengenai ide bisnis apa yang ingin digali dan tentunya bisnis tersebut memiliki potensi untuk menghasilkan […]