a

Rahasia Jualan Laris di Shopee

Kita semua tahu bahwa e-commerce kini menjadi salah satu alat berbisnis lewat jalur digital yang ramai digemari masyarakat. Karena selain mudah dan praktis, harga yang ditawarkan oleh penjual – penjual pada e-commerce terbilang lebih terjangkau daripada penjual toko fisik atau offline. Meskipun kita tahu bahwa wadah lain seperti website dan media sosial pun masih merajai, namun ada kecenderungan konsumen Indonesia lebih mempercayai jalur terpercaya yang memang besar dan terbukti seperti Shopee.

Terlebih lagi, e-commerce yang ada di Indonesia rata – rata dilengkapi dengan aplikasi yang bisa diunggah melalui smartphone yang pasti akan sangat memungkinkan untuk diakses berulang kali setiap harinya.  Para konsumen tinggal mengetik kata kunci barang yang dicari, lalu selanjutnya dalam hitungan detik, berbagai pilihan akan muncul dan disediakan oleh aplikasi e-commerce tersebut. Tidak perlu juga dipusingkan akan banyaknya pilihan yang tersedia oleh e-commerce, konsumen dapat memilih barang berdasarkan komponen – komponen seperti ratting bintang, berapa banyak produk tersebut yang sudah laris terjual, dan sebagus apa reputasi yang dimiliki oleh toko penjual produk tersebut.

Lalu, bagaimana tips dan trik yang  dibutuhkan agar pelaku bisnis UMKM seperti kalian dapat jualan laris di e-commerce Shopee? Simak penjabarannya berikut ini:

  • Pastikan Produk yang dijual tidak dilarang

Tentunya dalam berbisnis pada sebuah platform, mereka miliki peraturan –peraturan mengenai produk apa saja yang boleh dijual, apa saja yang tidak boleh dijual. Sama seperti Shopee, mereka miliki beberapa peraturan diantaranya tidak boleh berjualan adalah alcohol, kosmetik bekas, mata uang dan perangko palsu, obat pelangsing yang tidak memiliki izin resmi, senjata api, artefak dan banrang antik, kartu kredit dan debit, barang yang diembargo, alat pembobol kunci, bagian tubuh atau jenazah dari manusia, dan lain sebagainya.

  • Pilih foto produk kualitas HD, dan menarik dengan komponen tambahan

Kenapa penting sekali memilih foto dengan kualitas gambar high definition atau HD? Karena jika ingin jualan laris di Shopee, konsumen akan mencari kata kunci produk yang dicari pada kolom search, yang keluar pada kolom tersebut tentunya akan banyak dan kalian sebagai penjual akan bersaing dengan penjual lainnya yang menjual produk yang sama. Karena persaingan tersebut, maka tentunya produk kalian (meskipun sama) harus terlihat lebih menonjol dari penjual lain. Salah satu trik yang bisa dilakukan agar jualan laris di Shopee adalah dengan menggunakan foto dengan kualitas HD, dan juga latar gambar bersih polos dan putih. Bisa juga menggunakan latar berwarna dan motif, tapi pastikan kalian memilih gambar dengan estetika kekinian dan tidak mengganggu gambar utama yaitu produk yang dijual.

  • Isi rincian keterangan produk

Saat mengunggah foto produk, nantinya pada bagian bawah akan terdapat kolom besar yang dapat diisi untuk deskripsi produk. Lakukan trik pengiisan deskrpsi secara menarik agar jualan laris di Shopee, seprti mengisi varian warna, jenis, dan informasi rinci yang dimiliki oleh produk tersebut. Bahkan tidak sedikit penjual yang menuliskan tata cara membeli pada toko e-commerce mereka. Contohnya seperti semua produk yang mereka unggah adalah  ready stock selama tombol ‘beli’ atau ‘check out’ dan ‘buat pesananan’ bisa diklik. Hal ini sering ditulis karena konsumen sering kali menanyakan pada penjual apa barang yang diinginkan tersedia.

Jangan lupa masukkan daftar #hastag yang nantinya digunakan konsumen untuk membantu mereka dengan mencari kata kunci pencarian produk agar jualan semakin laris di Shopee.

  • Up’ Produk yang banyak penggemar

Shopee pun ingin agar kalian bisa jualan dengan laris di Shopee, maka mereka pun menyediakan pilihan ekstra bagi mereka penjual yang ingin beriklan, agar produk yang diiklankan tersebut bisa muncul pada urutan teratas ketika ada calon pembeli yang mencari produk dengan kata kunci. Nah, fitur keren kaya gini bisa bnaget kalian manfaatin buat naikin minta konsumen terhadap produk kalian lho! Shopee juga punya pilihan agar kalian bisa menaikkan umaksimal 5 produk sesuai kategorinya setiap 4 jam sekali. Sikat!

  • Harga Kompetitif

Salah satu kunci rahasia jualan laris di Shopee adalah dengan memastikan harga produk yang ditawarkan sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan produk lainnya, bahkan jika diperlukan agar jualan laris adalah dengan memurahkan harga yang kalian cantumkan. Hal ini disebabkan persaingan yang ketat antar penjual karena semuanya ingin jualan mereka laris di Shopee. Berbeda seribu, dua ribu pun akan sangat berarti pada keputusan membeli konsumen – konsumen e-commerce.

Untuk tips rahasia jualan laris di Shopee yang lebih lengkap, dapatkan E-Book GRATIS  dengan daftar pada Membership secara cuma – cuma. Yuk, langsung klik di sini.

Share With:
Rate This Article