Solusiukm
Bisnis

Saat Corona, Instagram Live Bisa Jadi Pilihan Terbaik Biar Bisnis Laris!

Photo Source: Techcrunch

Kalian pemilik bisnis yang aktif di media sosial, bukan? Maka, kalian perlu banget maksimalin fitur yang dimiliki oleh Instagram secara gratis, lho! Salah satu fitur Instagram yang oke untuk bisnis, adalah fitur Instagram Live. Mungkin, sebelum – sebelumnya, kalian tidak pernah memiliki rasa atau urgensi untuk melakukan eksplor fitur – fitur yang ada pada Instagram. Namun, keadaan terkadang membuat kita untuk melakukan batas – batas yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan.

Terutama pada saat sekarang saat pandemi virus Covid – 19 Corona sedang menyerang. Banyak sekali industri – industri atau bisnis – bisnis yang mengalami mati suri. Momen – momen mati surinya bisnis- bisnis Indonesia membuat pemilik usaha memutar ptak lebih keras agar bisnisnya tetap dilihat oleh konsumen atau tetap menjaga awareness yang dimiliki sebuah merek bisnis.

Untuk menjaga awareness tetap ada, pada akhirnya memunculkan kegiatan – kegiatan yang sebelumnya belum pernah terpikir sebelumnya. Salah satu yang sangat perlu dilakukan ekplorasi, adalah fitur sosial media seperti yang dimiliki oleh Instagram, terutama untuk bisnis kalian yaitu Instagram Live.

Kelebihannya, saat Instagram Live atau biasa disingkat dengan IG Live berakhir, kalian masih bisa tetap menyimpannya, dan memajang obrolan kalian pada IG Live untuk bisnis menjadi lebih bisa dilihat orang – orang yang tidak sempat menyaksikan tayangan langsung milik kalian, lho! Kalian juga bisa myimpannya pada fitur Highlight yang dimiliki oleh Instagram. Menarik, bukan?

Apa sih Instagram atau IG Live?

Instagram Live sediri adalah sebuah fitur gratis yang bisa digunakan oleh penggunanya yang memiliki akun Instagram, untuk melakukan siaran langsung berupa video. Instagram Live ini akan tersebar bagi pengikut atau followers yang ada di akun tersebut. Tentunya fitur gratis Instagram ini bisa banget kalian sebagai pemilik usaha untuk maksimalkan penggunaannya agar bisnis kalian tetap terlihat di mata konsumen – konsumen.

Kenapa mesti coba Instagram atau IG Live untuk bisnis, ya?

Nah, berikut beberapa alasan kenapa kalian perlu banget untuk memaksimalkan penggunaan Instagram atau IG Live untuk bisnis:

  • Corona

Salah satu pentingya Instagram Live atau IG Live, adalah karena saat ini seluruh dunia, tentunya termasuk Indonesia sedang dilanda pandemi dari virus Covid – 19 Corona. Dengan melandanya pandemi Covid – 19 Corona, tentunya pergerakan di luar urmah atau aktifitas – aktifitas bisnis yang direncanakan, tentunya tidak akan bisa dilakukan. Huhuhu, sedih ya, Sobat UKM! Tapi tentunya, kita masih bisa memaksimalkan fitur – fitur yang ada pada media sosial bisnis kalian, kok.

Terlebih lagi, dengan peraturan – peraturan pemerintah seperti PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan anjuran warga Indonesia untuk memberlakukan #DiRumahAja, tentu membuat kegiatan – kegiatanĀ  bisnis menjadi tertunda. Untuk itu, agar kegiatan bisnis kalian berupa awareness dapat berjalan dengan lancar, kalian perlu memaksimalkan fitur IG Live atau Instagram Live untuk bisnis kalian ya, Sobat UKM.

  • Gratis

Salah satu alasan agar kalian pemilik bisnis perlu menggunakan fitur IG Live untuk bisnis, selain pembatasan mobilisasi yang disebabkan oleh Covid – 19 Corona, adalah karena fitur IG Live atau Instagram Live ini gratis tidak berbayar, lho! Oke banget, kan?

  • Obrolan bisa dengan pihak lain, atau akun lain sehingga lebih seru

Nah, ini salah satu kelebihan dari fitur IG Live yang bisa banget mendatangkan untuk bagi merek dari bisnis kalian. Tahu ngga, Instagram itu sudah menambahkan kelebihan tambahan atau fitur tambahan untuk instagram Live atau IG LiveĀ  yang bisa menambahakn pengguna Instagram lain utnuk bergabung pada saluran atau siaran langsung IG Live mereka, lho! Ini tentunya bisa jadi hal yang oke banget untuk bisnis kalian.

Kelebihan dari penambahan pengguna dari Instagram Tidak hanya dapat bersama-hosting Instagram Live meningkatkan keterlibatan pada siaran Anda (dengan menjangkau kelompok pengguna yang lebih besar), tetapi juga membuka pintu ke kampanye pemasaran Instagram di mana dua bisnis atau influencer bermitra untuk mempromosikan suatu produk.

  • Bisa tetap disimpan

Jika tayangan langsung pada IG Live diragukan karena dulu tidak bisa disimpan, saat ini Instagram sudah melakukan pembaruan, lho! Betul bnaget, tayangan IG Live atau Instagram Live sudah bisa disimpan di fitur IG TV atau Highlight! Pembaruan ini tentunya sangat menguntungkan untuk bisnis milik kalian. Jadi, konsumen yang menjadi followers kalian tidak perlu merasa kehilangan terhadap video obrolan seru jika mereka tidak sempat melihatnya karena sedang sibuk atau bentrok dengan jadwal IG Live bisnis kalian.

  • Eksplorasi konten agar tidak monoton

IG Live atau Instagram Live, sesungguhnya dapat menjadi solusi saat kalian sebagai pemilik bisnis merasa konten yang ada pada Instagram tersebut monoton, lho! Penting banget untuk ngga ngebosenin saat measuki ranah media sosial. Hal ini tentu disebabkan agar followers kalian tidak kabur dan menekan tombol unfollow. Tidaaaaak!

  • Memancing konsumen untuk membeli

Tentunya, seperti usaha – usaha marketing dan media sosial pada umumnya, penggunaan fitur IG Live atau Instagram Live diperlukan agar memancing lebih dalam konsumen yang menjadi followers untuk lebih tertarik dalam produk yang kalian jual. Bisa juga untuk menjelaskan produk – produk baru yang kalian punya sehingga lebih rinci, kan?

Artikel Terkait

Ayo Belajar Bisnis Jual Beli Domain

marsha

Ini yang bisa dilakukan Pelaku Bisnis Saat WFH

marsha

5 Perilaku Belanja Online Masyarakat yang Harus Diketahui Pengusaha Online

marsha