a

Mau Buka Bisnis? Ayo Cek Seberapa Besar Celah Untungnya

Kalian tentu memahami bahwa sukses atau tidaknya sebuah bisnis bisa dilihat salah satunya dari tingkat penjualan yang didapat. Semakin tinggi tingkat penjualan maka semakin besar hasil yang diperoleh sehingga labanya pun juga akan meningkat. Faktor penjualan ini dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika kalian akan berbisnis dan barang produk atau jasa yang Anda jual banyak dibutuhkan oleh pasar, maka tentu saja hal ini akan mendukung penjualan Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kondisi pasar dengan baik. Begini cara melihat potensi pasar yang mendukung bisnis Anda.

Sudah bikin riset kira – kira konsumen suka produk atau jasa yang kaya gimana, sih?

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk menganalisa pasar adalah dengan mencari tahu kebutuhan konsumen. Barang dan jasa apa yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen dan belum ada hingga saat ini. Jika Anda bisa menemukan solusi untuk masalah ini, maka Anda akan selangkah lebih maju dari pesaing Anda. Dengan mengetahui permintaan, Anda pun bisa memperkirakan barang apa yang akan Anda tawarkan.

Bakal butuh terus – terusan, atau di waktu tertentu aja, nih?

Ada kalanya omzet penjualan suatu bisnis tertentu melonjak tajam di momen-momen tertentu pula. Misalnya ketika menjelang lebaran atau bulan Ramadhan, maka permintaan konsumen terhadap baju muslim, baju koko, serta perlengkapan salat akan meningkat. Selain itu ketika bulan puasa, produsen makanan juga akan diuntungkan dengan adanya momen buka puasa dan sahur bersama. Fenomena seperti ini bisa Anda pertimbangkan untuk menganalisa pasar. Kapan barang tersebut dibutuhkan oleh konsumen? Apakah setiap hari atau menjelang momen-momen tertentu saja?

Mereka kuat ngeluarin duit seberapa?

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan daya beli konsumen yang Anda bidik. Jangan sampai harga produksi yang Anda tawarkan terlalu mahal dan mereka tidak mampu beli. Kualitas memang hal yang wajib Anda perhatikan untuk memberikan yang terbaik pada konsumen Anda. Namun, Anda juga harus menyesuaikannya dengan daya beli konsumen sehingga membuat barang yang berkualitas tinggi justru akan membuat Anda rugi. Sesuaikan kualitas yang Anda berikan dengan harga barang yang akan Anda jual.

Cek juga kalian mampu seberapa, lho!

Nah, ini juga perlu Anda pertimbangkan. Setelah mengetahui barang apa yang dibutuhkan konsumen dan daya beli mereka, kini pertanyaan tiba pada diri Anda. barang seperti apa yang bisa Anda hasilkan dengan kondisi keuangan yang ada? Jangan sampai proses produksi membutuhkan biaya yang lebih mahal hingga di luar kemampuan Anda. Hal ini bisa meningkatkan risiko kerugian yang mungkin Anda alami jika barang tidak terjual sebanyak yang ditargetkan.

Jika Anda membuka bisnis tanpa mengetahui kondisi pasar dengan tepat, maka hal ini akan berimbas pada proses marketing dan juga branding yang Anda lakukan. Selain mengetahui kondisi pasar untuk membidik konsumen secara tepat, Anda juga perlu memahami kondisi para pesaing Anda. Hal ini untuk membantu Anda agar bisa menghasilkan produk yang memang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen Anda, yang selama ini belum bisa dipenuhi oleh produsen yang sudah ada.

Semoga penjelasan di atas dapat membuka wawasan dan pengetahuan kalian yaaa! Kami tentunya dengan senang hatia kan selalu memberikan informasi – informasi, dan juga ilmu yang sangat komplet mengenai dunia bisnis terutama pada level UKM / UMKM yang ada di Indonesia. Kami akan tetap berkomitmen untuk selalu memberi segala hal soal bisnis, dengan tujuan agar kalian pelaku bisnis dapat berkembang, maju, dan bisa mengiukuti perubahan pasar yang terjadi begitu cepat.

Atas semua penjabaran dan fakta di atas, untuk semakin menambah pengetahuan kalian soal dunia bisnis UKM Indonesia, Solusi UKM menyajikan banyak sekali E – BOOK yang dapat dibaca bahkan diunduh secara FREE alias GRATIS, spesial buat kalian pembaca setia website Sobat UKM.

Caranya super duper gampang. Langsung klik banner di bawah, klik ini klik itu, selesai deh! Langsung punya akses ke mana aja buat dapet pengetahuan bisnis UKM terutama pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini! Yuk, buruan klik yaaa!

 

Share With:
Rate This Article
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.