Solusiukm
Akuntansi

Seimbangkan Saldo Kas dan Bank Anda dengan Rekonsiliasi Bank

Memiliki perusahaan berarti Anda tidak bisa menempatkan uang yang dihasilkan oleh perusahan Anda sembarangan. Menyimpan sebagian besar uang perusahaan Anda di bank menjadi pilihan terbaik untuk alasan keamanan. Selain keamanan, menyimpan yang di bank juga bisa mempermudah Anda dalam melakukan berbagai transaksi bisnis Anda. Tapi sayangnya, membuka akun di bank tidak berarti seluruh kegiatan transaksi tercatat dan sesuai dengan laporan keuangan yang perusahaan miliki.

Kondisi seperti inilah yang memunculkan metode pencatatan kas yang disebut dengan metode rekonsiliasi bank. Metode ini merupakan metode pencatatan kas yang dapat menyesuaikan jumlah saldo yang ada di kas perusahaan dan juga di bank. Lalu bagaimana cara menggunakan metode rekonsiliasi bank untuk menyeimbangkan saldo kas perusahaan dan juga saldo pada bank Anda? Berikut penjelasannya.

Membandingkan Saldo Kas Perusahaan dan Rekening di Bank

Awali proses metode rekonsiliasi bank Anda dengan membandingkan jumlah saldo di rekening bank Anda dan juga laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Melalui rekening bank, perusahaan bisa melihat perbandingan jumlah kas yang ada di rekening koran dan juga catatan yang ada di buku perusahaan Anda. Dalam tahap ini, Anda akan melihat jumlah perbandingan yang jumlah kas dan juga rekening yang ada di dalam bank.

Utamakan Pencatatan Transaksi Melalui Bank

Seperti yang sudah Anda ketahui, transaksi yang terjadi di bank merupakan transaksi yang bersifat otomatis dan juga mudah dilacak. Belum lagi biaya-biaya administrasi yang tanpa disadari otomatis terpotong ketika Anda melakukan transaksi. Oleh karena itulah, pastikan Anda mencatat terlebih dahulu transaksi-transaksi yang terjadi di bank. Setelah itu, catat transaksi ke dalam akun kas perusahaan.

Telusuri Transaksi yang Masih Berjalan

Terkadang, perbedaan saldo kas perusahaan dan juga saldo bank disebabkan oleh adanya transaksi yang masih berjalan seperti deposit in Transit dan juga outstanding Cek. Deposit in Transit merupakan cek pembayaran pelanggan yang sudah tercatat di buku akun kas tapi belum disetorkan ke bank atau sebaliknya.

Sedangkan Outstanding cek merupakan cek kas keluar yang sudah tercatat di dalam buku akun kas tapi belum dicairkan oleh pemegang cek. Biasanya akan terlihat selisih yang begitu besar dari dua jenis transaksi ini. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menelusuri dengan benar transaksi-transaksi semacam ini dan selanjutnya diikuti dengan menghubungi pihak terkait dengan transaksi itu.

Membuat Lembar Kerja Rekonsiliasi Bank dan Menghitung Selisihnya

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat lembar kerja rekonsiliasi bank untuk menghitung jumlah keseluruhan transaksi yang sudah dicatat dan menemukan jumlah selisih yang terjadi dalam catatan rekening bank dan juga catatan dalam buku kas perusahaan Anda. Jika Anda tidak menemukan selisih pasti antara saldo di rekening bank dan juga saldo dalam buku kas perusahaan Anda, maka rekonsiliasi bank sudah selesai dilakukan. Tapi kalau masih ada selisih, berarti metode ini belum selesai.

Melakukan Penelusuran Ulang

Jika Anda masih menemukan perbedaan antara dua saldo rekening bank dan juga saldo pada kas perusahaan setelah membuat lembar kerja rekonsiliasi kas, berarti ada kesalahan dalam pencatatannya. Coba telusuri kembali mungkin saja ada kesalahan dalam pencatatan yang tanpa disadari oleh bank atau oleh akuntan perusahaan Anda. Jika nilai selisihnya terlalu besar, kemungkinan ada catatan transaksi yang belum di-input dan atau ada pencatatan transaksi yang tak sengaja dilakukan berulang kali. Telusuri ulang data yang Anda masukkan hingga saldo yang sama ditemukan di antara rekening bank dan juga saldo pada buku kas perusahan Anda.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan rekonsiliasi bank. Metode ini penting dilakukan untuk mencegah atau mendeteksi adanya kecurangan akuntansi sejak dini.

Artikel Terkait

7 Siasat Mengatur Keuangan Usaha, Point 4 Wajib Dilakukan!

marsha

Keuangan Bisnis Amburadul atau Justru Oke Banget? Cek Di Sini Biar Ngga Bangkrut!

marsha

4 Kendala Proses Akuntansi yang Sering Terjadi Pada Pebisnis UKM

Iskandar Rumi