a

Seperti Apa Peluang Bisnis Lukisan Kertas? Lihat 5 Fakta yang Jarang Diketahui

Banyak orang tertarik menjalankan bisnis. Bahkan para pegawai pun melakukan sambilan bisnis untuk menambah penghasilan. Tentu dengan perkembangannya yang pesat ini dibutuhkan inovasi baru. Beberapa cabang yang sering digeluti adalah kuliner, fashion, dan sebagainya. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang lukisan kertas? Peluang bisnis lukisan kertas ini cukup besar dan pangsa pasarnya tidak hanya dari dalam negeri loh.

Lukisan melalui media kanvas, baju, maupun tembok pasti sudah biasa. Sedangkan lukisan kertas ini masih jarang terdengar. Pengaplikasiannya pun tidak biasa, bukan lukisan yang di gambar pada selembar kertas.

Melainkan tumpukan kertas yang bagian tepiannya dilukis dan dibentuk menjadi karakter khusus. Jika Anda memiliki bakat melukis, bisnis lukisan kertas ini bisa Anda jalankan karena belum banyak pemainnya loh di Indonesia sehingga peluangnya cukup bagus.

Fakta-Fakta tentang Peluang Bisnis Lukisan Kertas

Bila Anda mulai tertarik dengan bisnis lukisan kertas, berikut ada beberapa fakta yang berkaitan dengan peluang bisnis lukisan kertas:

1. Karya yang Unik dan Kreatif

Lukisan kertas termasuk karya yang unik dan berbeda dari lainnya. Pasti akan banyak calon pembeli yang tertarik dengan seni ini. Meskipun bahan-bahan yang digunakan cenderung mudah didapatkan, tapi untuk menghasilkan suatu seni yang memiliki nilai dan ciri khas sendiri tidaklah mudah. Inilah mengapa butuh keahlian khusus untuk membuatnya.

Bila Anda sendiri memang mempunyai bakat dalam bidang seni lukis, maka cobalah untuk membuat produk ini. Atau mungkin Anda bisa berlaku sebagai pemilik dan mencari sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk membuat lukisan pada media tumpukan kertas.

2. Masih Langka dan Kecil Persaingan

Karya lukis kertas ini terbilang masih langka di Indonesia. Belum banyak pihak yang mencoba menggeluti bisnis ini, sebab memang dibutuhkan sumber daya mumpuni. Itulah mengapa peluang bisnis lukisan kertas bagus. Karya ini tergolong luar biasa dan belum populer.

Hal ini berdampak pula pada persaingan bisnisnya yang relatif kecil. Jika persaingan bisnisnya kecil, maka kemungkinan reputasi ke depannya dapat meningkat tajam tanpa halangan berarti. Mungkin juga lukisan kamu bisa menjadi brand pionir di bisnis lukisan kertas.

3. Modal yang Dibutuhkan Tidak Banyak

Satu lagi yang menjadi keunggulan karya lukis kertas dari sisi modal. Anda hanya membutuhkan modal sedikit, karena bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Sebut saja kertas-kertas HVS, spidol, gunting dan sebagainya. Bila Anda bisa mengelola bisnis ini dengan baik, maka pastinya modal bisa kembali dalam waktu singkat.

4. Omzet Besar dan Laba yang Menjanjikan

Fakta selanjutnya adalah mengenai omzet yang akan diterima setiap bulannya. Anda bisa mendapatkan omzet berkali-kali lipat setiap bulan bila dapat mempromosikan produk dengan cara yang tepat.

Bisnis ini bisa dijadikan sebagai sebuah kado atau souvenir. Jadi, Anda harus mengincar pasar dengan benar. Biasanya para pemuda yang lebih banyak memesan karya-karya unik seperti ini. Nah, bila sasaran pasar tidak keliru, maka Anda akan mendapatkan order yang membludak.

Contohnya saja, modal awal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini sebesar satu juta rupiah. Lalu Anda mempromosikan karya tersebut melalui media sosial. Orderan yang datang sekitar 20 pada bulan pertama. Lukisan kertas dibanderol harga kurang lebih 200 ribu per buah, tergantung tingkat kesulitannya. Maka dalam satu bulan Anda akan mendapatkan omzet 20 x 200 ribu = 4 juta rupiah.

Anda sudah bisa balik modal dalam waktu satu bulan saja dan mendapatkan laba Rp. 3 juta rupiah. Misalnya Anda mempunyai satu orang karyawan yang digaji satu juta, maka laba bersihnya sudah satu juta rupiah.

5. Berpotensi Go Internasional

Tak hanya di Indonesia, mungkin di luar negeri pun lukisan kertas ini tidak banyak digeluti. Bila teknik pemasarannya bisa dilakukan secara maksimal, maka karya unik ini akan mudah menembus pasar luar negeri. Kemungkinan besar para calon pembeli yang menyukai seni akan membeli karya tersebut. Apalagi memang tidak banyak yang menjualnya.

Karena karya-karya kreatif banyak di pesan oleh masyarakat luar negeri yang sangat menyukai karya seni. Liat saja ke pusat-pusat kerajinan yang ada di wilayah Provinsi Yogyakarta, cukup banyak bisnis kerajinan yang disukai masyarakat luar negeri.

Pada intinya, peluang bisnis lukisan kertas ini mempunyai prospek yang bagus. Hal ini dilihat dari keunikan karya yang langka dan belum banyak pihak yang menggeluti bisnis ini. Alangkah baiknya bila Anda dapat memanfaatkannya dengan optimal, sehingga bisnis ini dapat berkembang lebih maju dan mengharumkan bangsa. Sehingga Anda bisa berbisnis tidak hanya membanggakan diri sendiri tetapi membuat negara bangga.

Share With:
Rate This Article