a

Simak! 9 Jalan Keluar Menghadapi Masa Sulit atau Krisis Pada bisnis

Masa sulit atau krisis merupakan hal yang paling di benci oleh siapapun. Termasuk bagi para pemilik bisnis. Tetapi, masa sulit tidak bisa di hindari oleh pemilik bisnis. Bahkan banyak pebisnis yang tidak mampu melalui fase sulit. SolusiUKM akan membantu para pemilik UKM untuk mampu menghadapi masa sulit bisnis, sehingga Anda siap dan tenang dalam menghadapi masa-masa ini.

Meskipun Anda menyebut itu masa sulit, Anda tetap harus berpikir positif. Mengapa? Karena bisa jadi, masa sulit merupakan masa-masa yang bisa membantu Anda untuk lebih professional dan masa untuk belajar dengan kondisi yang ada.

Mengambil Risiko

Masa sulit memang menjadi masa yang berat bagi setiap pebisnis. Tetapi masa-masa ini akan menjadi masa yang cukup menantang. Di masa sulit, Anda di haruskan untuk siap dalam mengambil risiko. Risiko akan menjadi pembelajaran berharga bagi Anda sebagai pebisnis ketika mengalami krisis.

Ada banyak pebisnis ketika dia dalam masa terpuruk, ia akan kehilangan arah dan percaya diri. Tetapi Anda jangan sampai berpikir seperti ini. Anda bisa mengambil risiko untuk bisa lebih percaya diri dan lebih percaya akan kemenangan di masa depan.

Kesempatan Belajar Hal Baru

Ketika menghadapi masa sulit pada bisnis, cobalah berpikir positif. Mungkin ini akan menjadi kesempatan Anda untuk mempelajari hal baru yang bisa mengembangkan potensi lain pada diri Anda. Sehingga bisa mendorong pertumbuhan lain dari sisi bisnis Anda saat ini. Jangan sampai, masa sulit membuat Anda semakin terpuruk. Ini hanya akan memperkeruh keadaan dari bisnis yang Anda jalankan.

Merubah Strategi

Setelah Anda berpikir, mengambil risiko, serta belajar hal baru. Hasil dari kesemua itu bisa Anda jadikan sebagai cara untuk merubah strategi bisnis yang sudah diterapkan untuk merubah cara lain dalam bisnis. Dengan cara terbaru yang Anda dapatkan, mungkin Anda akan keluar dari masa-masa sulit untuk menghadapi berbagai konsekuensi baru dari bisnis Anda.

Coba Liat Peluang Lain

Di saat masa sulit, mungkin bukan menjadi benar-benar masa sulit bagi Anda. Masa sulit bisa jadi menjadi jalan bagi Anda membuka peluang lain. Seperti falsafah Tiongkok yang menyebut masa sulit dengan krisis atau Bahasa Tiongkoknya adalah Wei-Ji memiliki dua arti, Wei (ancaman) dan Ji (peluang).

Sehingga para pebisnis Tiongkok diajarkan untuk melihat apakah masa sulit atau krisis menjadi ancaman untuk bisnis mereka atau sebagai peluang baru. Ini lah yang menjadi salah satu contoh untuk memandang masa sulit sebagai satu hal positif.

Belajar untuk Bertanggung Jawab

Ketika menghadapi masa sulit, banyak pengusaha yang menganggap ini sebagai ancaman. Menyalahkan keadaan. Pernahkah Anda berpikir, jika masa sulit merupakan cara terbaik untuk belajar tanggung jawab dan belajar ikhlas untuk menerima kondisi yang ada?

Mungkin saja, masa sulit menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukan koreksi terhadap segala sesuatu yang sudah kita lakukan. Sehingga akan memudahkan Anda untuk menerima kondisi sekarang. Cara seperti ini melatih diri Anda belajar dari setiap kesalahan.

Melatih Bekerja Keras

Masa sulit akan melatih Anda untuk bekerja lebih keras lagi untuk memulihkan kondisi keuangan pada bisnis. Mungkin kondisi sulit Anda alami dikarenakan Anda merasa dalam kondisi nyaman hingga lupa jika di sekitar Anda, seperti kompetitor sudah mulai menggunakan cara lain untuk bangkit dengan sesuatu yang baru.

Untuk itu, Anda harus bekerja lebih keras lagi untuk mengembalikan kepada kondisi semula. Sehingga tujuan Anda pada bisnis bisa kembali normal lagi hingga kembali pada hasil yang lebih maksimal dari semula.

Lebih Kreatif

Keadaan sulit, selain membantu Anda untuk bekerja lebih keras lagi. Mungkin bisa mendorong Anda untuk lebih kreatif. Dengan kreatifitas akan mendorong Anda menciptakan sebuah produk atau layanan yang lain daripada yang lain. Sehingga mendorong peningkatan pada pendapatan Anda dan perkembangan dari bisnis Anda saat ini.

Belajar Menghadapi Rasa Takut

Umumnya banyak pihak yang merasa bahwa rasa takut selalu menjadi ancaman dan tidak mau kembali mencoba. Ketika masa sulit menerpa dalam kehidupan termasuk dalam bisnis, akan melatih Anda untuk melatih rasa takut. Hingga kita akan lebih berani lagi dalam kondisi yang ada.

Satu-satu cara untuk menghadapi rasa takut adalah dengan melakukan tindakan. Jika dalam keadaan sulit, Anda saja tidak mampu melakukan apa-apa lagi. Masa sulit akan terus Anda alami tanpa bangkit kembali.

Tingkatkan Produktivitas

Arti produktivitas bukanlah melakukan produksi secara massal atau memberikan layanan secara besar-besaran. Produktivitas merupakan efektivitas yang ditambah dengan efisiensi. Dikutip dari Marketeers, produktivitas merupakan nilai tambah bagi bisnis. Semakin tinggi produktivitas, semakin tinggi pula nilai tambah bisnis Anda.

Dengan sembilan langkah di atas, SolusiUKM yakin Anda bisa menghadapi masa sulit dengan selamat. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan keuangan perusahaan lagi. Dalam masa sulit tetap ada peluang, pelajaran, dan hal baru yang bisa kita dapatkan loh. Jadi jangan takut dengan krisis dan menghadapi masa sulit dengan tenang.

Share With:
Rate This Article