Solusiukm
Bisnis

Sinar Mas Mau Buka Pabrik Masker Karena Covid-19 Corona, lho!

Saat tulisan ini dibuat, dunia sedang mengalami kewalahan dalam menangani wabah penyakit yang menyebar hampir di seluruh negara. Yang mana tentunya negara – negara tersebut secara serempak terjangkit virus Covid – 19 Corona. Angka penduduk negara – negara di dunia yang terjangkit pun sangat tinggi, bahkan pada beberapa negara mencapai ribuan dan lebih. Tidak terkecuali Indonesia, negara kita yang awalnya santai terhadap serangan virus ini, saat ini mulai menganggap serius virus Covid – 19 Corona.

Dengan proses yang serba cepat dalam masuknya wabah pandemi Covid – 19 Corona ini, banyak kebutuhan yang sebelumnya dibutuhkan masyarakat dalam kadar normal, saat ini beruba menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus terakomodasi melalui bisnis dengan ritme yang cepat. Beberapa hal yang saat ini menjadi kebutuhan utama adalah hand sanitizer, dan masker.

Kebutuhan masyarakat terhadap masker yang semakin tinggi di negara Indonesia ada ditahap memprihatinkan. Banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab sehingga menjual ulang masker – masker bekas yang sudah berada di tempat pembuangan. Atas dasar fenomena – fenomena ini, beberapa perusahaan besar melihat hal ini sebagai masalah sekaligus peluang bisnis emas yang perlu dimanfaatkan bagi perusahaan – perusahaan level besar.

Salah satu perusahaan grup raksasa Indonesia, Sinar Mas Grup, melalui PT Asia Pulp and Paper saat ini sedang mendirikan sebuah pabrik yang nantinya akan memproduksi pabrik masker Sinar Mas yang nantinya khusus untuk mencegah penangkalan dari pandemi virus Covid – 19 Corona.

Saat artikel ini ditulis, tercatat bahwa Sinar Mas Grup merencanakan pada bulan April 2020 untuk memulai pabrik masker untuk mencegah penyebaran semakin tidak terkontrol dari Covid – 19 Corona.

Sinar Mas Grup dalam proses mendirikan pabrik masker Sinar Mas, faktanya memang melakukan aktifitas bisnis berupa impor produk masker dari negara Cina, namun kali ini dengan kedaruratan negara Indonesia dalam membutuhkan pabrik masker dari Sinar Mas, sehingga mereka berencana untuk membuatnya pabrik masker Sinar Mas milik sendiri. Namun, pihak dari Sinar Mas Grup saat ini mengalami kendala yaitu pada mesin pembuat masker. Karena hal tersebut, mereka saat ini melakukan pemesanan berupa mesin pembuat masker medis.

“Kami PT Asia Pulp & Paper memproduksi masker, tapi pabrik yang di indonesia belum siap, sehingga kami produksi dari China, jadi masker yang kami bagikan, kita masih impor, tapiInsyaallah April nanti sudah bisa jadi pabrik yang di Indonesia,” ujar penjelasan dari Managing Director Sinar Mas Grup, Gandi Sulistiyanto, Selasa, 24 Maret 2020 yang dikutip melalui Tempo dan Ekonomi Bisnis.

Managing Director Sinar Mas Grup, Gandi Sulistiyanto menjelaskan, bawha pemberian berbagai macam alat untuk mencegah penyebaran semakin lanjut dari Covid – 19 Corona tersebut berupa bantuan masker dan alat kesehatan dalam bentuk lain seperti Rapid Test Kit, alat pelindung diri (APD), dan ventilator, dilakukan secara bersama – sama dan sepakat, diikuti dengan keikut sertaan sejumlah perusahaan konglomerat di Indonesia lainnya. Gabunganpara petinggi pebisnis Indonesia atau konglomerat Indonesia tersebut pada kesempatan kali ini menamai dirinya dengan nama Pengusaha Peduli NKRI. Pengusaha Peduli NKRI  tersebut telah melakukan penggalangan dana dan berhasil mengupulkan sejumlah bantuan sebesar Rp 500 miliar yang nantinya akan digunakan untuk membantu Indonesia bangkit dari pandemi Covid – 19 Corona.

Salah satu perusahaan di bawah naungan Sinar Mas Grup, yaitu PT Asia Pulp & Paper (APP)  memang saat ini tercatat memiliki tiga anak usaha, lainnya. Tiga anak usaha tersebut  yakni PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk., dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.

Lokasi dari anak usaha Lontar Papyrus Pulp & Paper memiliki pabrik – pabrik bisnis di daerah Jabung Barat, Jambi, sedangkan anak usaha Pabrik Kertas Tjiwi Kimia memiliki pabrik di area kota Mojokerto, Jawa Timur. Sedangkan Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. memiliki tiga pabrik, satu berlokasi di Pekanbaru, Riau, dan dua lainnya terletak di Tangerang dan Serang, Banten.

PT Asia Pulp & Paper atau disingkat dengan APP, tentu akan menjadi salah satu dari pabrik masker Sinar Mas, dari sekitar total 30 perusahaan lokal yang ikut melakukan produksi alat kesehatan berupa masker yang ada di Indonesia. Hasil produksi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masker yang meningkat karena merebaknya wabah Covid-19.

Pabrik masker Sinar Mas yang akan didirikan oleh anak perusahaan dari Sinar Mas Grup tersebut, rencananya akan memproduksi masker dalam kapasitas 1,8 juta helai setiap bulannya. Jalannya pabrik pabrik masker Sinar Mas tersebut selain menunggu mesin yang baru dibeli dari Cina, akan dpat dimulai pada munggu ketiga atau keempat bulan April 2020. Semoga dengan dibukanya perusahaan Indonesia yang memproduksi sendiri masker tersebut dapat membantu memudahkan masyatrakat Indonesia dalam melawan virus Covid – 19 Corona, ya!

 

 

 

Artikel Terkait

Beda Banget! Sandi Pranata Lebih Milih Bisnis Peternakan Dibandingkan Start Up

Iskandar Rumi

7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

marsha

Panduan Lengkap Sewa Freezer Untuk Bisnis Frozen Food

marsha