a
Event Medan SolusiUkm

SolusiUKm Bikin UKM Medan Lebih Melek Digital dan Pembukuan Usaha

Kehadiran SolusiUkm di Kota Medan mendapatkan tanggapan yang positif dari para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) disana. Mereka sangat mengapresiasi mengenai topik yang dibawakan, dan membuka mata para UMKM di Medan untuk mulai fokus mencoba memanfaatkan digital marketing dan pembukuan yang efektif sebagai cara meningkatkan omzet bisnis mereka.

Dengan membawa tema “Hidup secara Digital atau Mati Konvensional” membuat para pelaku UKM di Medan ingin tahu, bagaimana sih agar mereka tidak mati tergerus zaman seperti yang terjadi pada retail-retail besar yang sudah tutup duluan. Bahkan hingga brand kelas dunia pun, seperti sepatu Clarks, retail Debenhams harus ‘pergi’ dari Indonesia karena tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Untuk itu, SolusiUkm melakukan roadshow ke beberapa kota di Indonesia untuk membuat pelaku UMKM di Indonesia bisa melek secara digital. Roadshow pertama diadakan di kota paling ujung barat Indonesia, yakni Kota Medan, kota terbesar di pulau Sumatera.

Memelekan UKM Medan

Antusias pelaku UKM Medan terhadap event SolusiUkm sangat besar. Hal itu terbukti dari cukup banyaknya pelaku UKM yang hadir untuk mendapatkan ‘asupan’ mengenai digital marketing serta merapihkan pembukuan secara online.

Kedua hal tersebut merupakan masalah yang paling banyak dialami oleh pelaku UMKM diseluruh Indonesia. Maka dari itu, Tim SolusiUkm benar-benar ingin menjadi solusi bagi para pelaku UMKM untuk bisa mengatasi kedua hal tersebut. Dan memberikan solusi terbaik untuk membantu pengusaha UMKM agar bisa lebih melek digital dan merapihkan pembukuan usaha mereka.

Event SolusiUKM di Medan

Event SolusiUKM di Medan

Banyak UKM di Indonesia yang belum melek digital, mereka menganggap bisnis yang mereka jalankan dengan metode konvensional saat ini masih bisa menopang jalannya usaha. Padahal ini adalah hal yang salah, karena jika para pelaku UKM tidak peka dengan kehadiran digitalisasi bisnis seperti saat ini, mereka bisa kehilangan ceruk kue yang sangat besar ini.

Saat event ‘memelekan’ UMKM di Medan, SolusiUkm menghadirkan pembicara yang benar-benar telah berpengalaman dalam membantu UKM-UKM dan perusahaan besar untuk fokus mengarap digital marketing, yaitu Laksamana Mustika CEO & Founder PT Elven Digital Indonesia dan Djaring.id (platform e-commerce).

Bisnis Digital Semakin Diincar

Laki-laki yang diakrab dengan sebutan Laksa tersebut mengungkapkan bahwa bisnis digital saat ini semakin diincar oleh pelaku usaha di Indonesia. Terutama dengan adanya beberapa perpindahan perilaku konsumen di Indonesia yang sudah berubah.

Seperti halnya memesan tiket pesawat, dan reservasi hotel. Saat ini masyarakat tidak perlu lagi memesan tiket pesawat melalui agen travel, namun mereka cukup dengan membuka smartphone dan membuka situs agen travel online untuk mendapatkan tiket pesawat ataupun melakukan reservasi secara online. Tidak perlu lagi untuk datang ke travel agen, cukup dalam genggaman tiket pesawat pun bisa Anda dapatkan.

Begitupun dalam memesan kendaraan umum berbasis ojek ataupun taksi. Kini, kita tak perlu lagi untuk mencari tukang ojek ataupun memberhentikan mobil taksi dengan tangan. Masyarakat sudah bisa memesan taksi dan ojek hanya dengan membuka aplikasi, seperti halnya ketika memesan ojek atau taksi secara online melalui aplikasi Gojek, Grab, dan Uber.

Kedua hal tersebut sudah menunjukan betapa masyarakat sudah sangat menyukai dunia digital saat ini. Mereka tidak ingin lagi ribet, karena sekarang dengan mudah bisa memesan apapun hanya dengan membuka aplikasi saja. Itulah efek-efek yang terjadi berkat kehadiran dunia digital.

Contoh-contoh diatas membuat UKM di Medan merasakan bahwa mereka belum melek digital pada bisnis mereka. Mereka hanya merasa baru menjadi penguna saja. Apa lagi, para pemilik UKM merasa bahwa event-event digital marketing di Medan belum begitu banyak. Dan para pemilik UKM berterima kasih kepada SolusiUkm yang sudah mengadakan acara tersebut di Medan. Hingga membuka mata dan pikiran mereka untuk menjalankan bisnis dengan digital marketing.

UKM Diberikan tools Financial

Event SolusiUkm MedanTidak hanya inside tentang digital marketing yang diperoleh oleh pelaku UKM Medan yang hadir di CoWorking Space EvHive, kota Medan dalam event agar melek digital. Mereka pun diberikan tools keuangan yang cocok digunakan untuk UKM di Indonesia dengan berbasis online untuk membantu finansial bisnis mereka.

Sebab, kendala UMKM di Indonesia banyak tidak paham mengenai pembukuan usaha. Dikarenakan mereka merasa pembukuan bukanlah hal penting, walaupun mereka melakukan pembukuan usaha namun sebagian besar pelaku UKM melakukan pembukuan secara manual atau menggunakan Ms. Excel yang mengharuskan mereka menghafal rumus-rumus yang cukup sulit.

Akhirnya, untuk menjawab masalah keuangan tersebut, pemilik UKM diberikan tools keuangan yang bernama Accurate Online untuk membantu usaha mereka. Accurate Online pun sudah memiliki versi yang lebih ramping dengan menggunakan aplikasi yang bernama Accurate Lite yang bisa didapatkan melalui Play Store.

Accurate Lite

Apa lagi Accurate Lite memiliki fitur yang sangat dibutuhkan oleh UKM di Indonesia. Seperti fitur penjualan, pembelian, biaya, stok, kas/bank, dan laporan. Tentunya fitur-fitur itu sangat dibutuhkan oleh pelaku UKM di Indonesia. Accurate Lite benar-benar sangat cocok digunakan oleh pemilik UKM di Medan maupun di Indonesia.

Share With:
Rate This Article