Solusiukm
Akuntansi

2 Macam SPT Pajak yang Jarang Diketahui Pelaku UKM

Bagi Anda yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri tentunya kalian tidak asing bahwa kalian harus melaporkan pajak kalian dalam kurun waktu tertentu. Hal ini berdasarkan dari pemerintah yang memberi peraturan agar melaporkan pajak Anda kepada pemerintah Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pajak, atau biasa disebut dengan Surat Pemberitahuan (SPT). Hal ini semua sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2008 yang harus dipatuhi seluruh masyarakat Indonesia.

Namun, masih banyak beberapa orang yang kebingungan dengan dengan apa saja jenis – jenis yang dimiliki oleh laporan pajak SPT tersebut. Sobat UKM tidak perlu bingung atas jenis – jenis yang dimiliki untuk pelaporan pajak SPT pada pemerintah karena tim Solusi UKM akan memberikan penjelasan di bawah ini. Program pemerintah pajak SPT dibagi menjadi dua kategori, yaitu SPT Tahunan dan SPT Massa, berikut penjelasannya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

SPT Tahunan

Yang pertama akan dibahas dan dijelaskan adalah SPT Tahunan. SPT Tahunan ini sendiri merupakan laporan pajak yang dilaporkan satu tahun sekali, baik oleh wajib pajak badan atau pribadi, yang berhubungan dengan perhitungan dan pembayaran pajak penghasilan, objek pajak penghasilan, dan/atau bukan objek pajak penghasilan, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan peraturan pajak untuk satu tahun pajak, atau bagian dari tahun pajak.

Pada umumnya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, masa pelaporan Surat Pemberitahunan (SPT) Pajak Pribadi akan berakhir 31 Maret. Hingga minggu lalu, Direktorat Jenderal Pajak sudah mencatat sudah ada 6,2 juta wajib pajak pribadi yang lapor SPTnya. Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama mengatakan, jika terlambat melaporkan SPT tahunannya, maka akan dikenakan denda Rp100.000 bagi wajib pajak pribadi. “Untuk pribadi denda Rp100.000 jika telat lapor, dan untuk badan usaha Rp1 juta. Tapi badan usaha waktu pelaporan sampai 30 April”.

SPT Massa

Yang kedua pada jenis Рjenis SPT adalah SPT Massa. SPT Masa Pajak Penghasilan (PPh) ini sendiri merupakan program untuk lapor pajak dokumen untuk melaporkan pajak badan bulanan. Wah, kaya gimana tuh? Berikut di bawah ini akan kami jelaskan lebih rinci mengenai  uraian jenis-jenis SPT Masa PPh, tengat waktu pembayaran dan pelaporannya:

SPT Massa PPh yang merupakan dokumen yang digunakan untuk melapor pajak yang dipungut dari hasil pendapatan ekonomi wajib pajak dan dilaporkan pada setiap masa pajak (dilakukan setiap bulan). Pelaporan untuk SPT Massa PPh ini dilakukan dengan cara datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh lokasi di Indonesia. Kantor wilayah dan kantor pusat bisa menerima layanan SPT Tahunan jika wp pribadi maupun badan yang diketahui memiliki kelebihan pembayaran.

Tidak hanya itu, pemerintah melalui Ditjen Pajak juga menyediakan berbagai kemudahan akses bagi masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunan PPh, yakni pelaporan bisa dilakukan via kantor pos, dan juga secara online atau e-filing dan e-SPT.

Dunia perpajakan dan finansial Anda memang seharusnya untuk diperhatikan secara cermat agar pada masa mendatangnya tidak menimbulkan masalah. Salah satu cara penanggulangan agar melakukan pelaporan SPT lebih mudah adalah dengan menggunakan sebuah sistem atau software atau aplikasi yang membantu otomasisasi berbagai data akuntansi perusahaan atau pembukuan bisnis. Jangan sampai kalian melalaikan kewajiban – kewajiban ini karena lapor pajak, baik pajak tahunan maupun pajak pribadi penghasilan adalah sesuatu yang harus dilakukan sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Artikel Terkait

4 Standar Akuntansi Keuangan yang Berlaku di Indonesia

marsha

Laporan Keuangan Di Era Digital? Rempong?

marsha

11 Akun yang Sering Ditemukan Pada Neraca Keuangan Perusahaan

Iskandar Rumi