a

Strategi Marketing Pop Up Store untuk Meningkatkan Awareness Produk

Strategi marketing Pop Up Store menjadi satu cara tepat untuk menggaet customer lebih banyak lagi. Di Indonesia, istilah Pop Up Store belum begitu dipahami dan dilakukan oleh para pebisnis. Namun, teknik satu ini cukup ampuh dilakukan oleh pemilik bisnis online dan restoran loh.

Apa sih Pop Up Store? Pasti Anda bertanya-tanya mengenai hal ini. Tetapi tidak banyak yang tahu tentang metode pemasaran dengan pop up store. Jangan-jangan Anda sudah mencoba bisnis Pop Up Store. Tetapi Anda anggap itu hanya bazaar biasa? SolusiUKM akan membantu Anda untuk lebih memanfaatkan Pop Up Store untuk bisnis Anda.

Pengertian Pop Up Store

Pop Up Store adalah toko sementara yang di bangun hanya untuk beberapa waktu saja. Terkadang waktu Pop Up Store hanya dilakukan selama tiga atau tujuh hari saja. Umumnya Pop Up Store dilakukan ketika sedang ada pameran atau bazaar tahunan.

Pasti, ketika Anda datang ke sebuah pameran, seminar, atau apapun Anda suka melihat ada toko-toko sementara yang dibangun. Baik dengan metode booth yang memikat mata hingga booth biasa saja. Anda bisa menyaksikan di setiap pameran. Itu lah salah satu metode Pop Up Store.

Di kutip dari thestorefront.com, konsep Pop Up Store sudah bermunculan di awal 1990-an di New York, London, Los Angeles, hingga Tokyo. Lalu diikuti oleh negara-negara lainnya.

Pop Up Store selalu menjadi suatu yang ditunggu oleh customer di berbagai belahan dunia manapun. Karena bentuk tokonya yang cukup kreatif dan decak kagum. Jika zaman sekarang, Pop Up Store selalu memiliki estetika yang menarik dan instagramable.

Konsep Pop Up Store

Membangun Pop Up Store tidak bisa sembarangan. Pop Up Store harus dibangun dengan penuh perhitungan. Sebab, ini akan menjadi salah satu alasan pembeli akan berkunjung ke Pop Up Store Anda. Selain dari pengunjung loyal dari e-commerce Anda.

Ketika Anda akan membangun Pop Up Store, Anda harus mengetahui bahwa lokasi tempat Pop Up Store Anda sangat mudah ditemukan dan menjadi lokasi lalu lalang orang. Jangan sampai, Pop Up Store Anda berada di lokasi yang sulit dijangkau oleh orang banyak.

Aktivitas Di Pop Up Store

Sekarang setelah semua sudah di konsepkan, waktunya Anda berpikir tentang aktivitas apa saja yang akan Anda bangun di Pop Up Store milik Anda. Pada umumnya Pop Up Store di bangun dengan beberapa aktivitas di dalamnya, seperti:

Diskon

Pelanggan yang datang ke Pop Up Store, sebagian besar adalah mereka yang ingin mencari barang-barang diskon. Jadi Anda harus siapkan produk-produk dengan diskon tinggi. Beberapa produk, terkadang berani memasang diskon mulai dari 50 % hingga 90 %. Berapa kira-kira diskon yang berani Anda kasih?

Tempat Bertemu Pelanggan

Jika produk Anda merupakan produk online, yang dijual melalui jaringan internet. Notabene, masih banyak di luar sana pelanggan yang tidak mau beli di karenakan ia tidak menyentuh secara langsung fisik produk yang akan ia beli.

Disinilah peran Pop Up Store, pelanggan bisa langsung melihat produk yang Anda jual secara langsung dan Anda bisa meningkatkan brand awareness toko Anda. Disini juga Anda bisa berbincang langsung dengan customer Anda.

Booth Foto

Para pelanggan biasanya tidak akan meninggalkan Pop Up Store tanpa meninggalkan kenangan. Mereka tentunya ingin mengabadikan Pop Up Store Anda. Jadi jangan lupa membangun Pop Up Store tanpa spot untuk berfoto.

Dengan adanya spot foto ini, Anda juga bisa memberikan Give Away kepada konsumen Anda. Ketika para konsumen memposting foto di sosial media. Sediakanlah hashtag untuk mereka, cara ini akan membantu pemasaran online secara tidak langsung.

Manfaat Pop Up Store

Apa sih manfaat menghadirkan Pop Up Store? Ini menjadi pertanyaan bagi para pengusaha, terutama para pengusaha pemula. Ternyata membuka Pop Up Store memiliki banyak sekali manfaat loh. Terutama untuk kalian para pemilik bisnis online.

Bertemu Langsung dengan Pelanggan

Format Toko Instan bisa membuat hubungan Anda dengan customer semakin erat, dikarenakan Anda bisa bertemu dan berhubungan langsung dengan pelanggan Anda di Pop Up Store. Sehingga bisa membangun hubungan yang kuat antara pemilik produk, produk itu sendiri, dan pelanggan.

Menjual Lebih Banyak Produk

Ketika Anda membuka Pop Up Store, umumnya akan datang juga para pelanggan yang biasanya hanya sekedar melihat-lihat produk Anda di marketplace atau akun sosial media, tetapi ia tidak meneruskan memasukan produk ke keranjang, karena ragu.

Pop Up Store akan menjawab kebutuhan mereka. Karena para pelanggan bisa langsung melihat, menyentuh, hingga mencoba produk yang ingin mereka beli. Masih banyak calon customer yang enggan membeli produk secara online karena tidak bisa menyentuh produk tersebut.

Membangun Awareness

Kehadiran Pop Up Store, secara tidak langsung akan membantu membangun Awareness toko Anda. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini, meskipun hanya beberapa hari atau beberapa minggu, namun Pop Up Store bisa meningkatkan Brand Awareness bisnis Anda.

Kesimpulan

Pop Up Store bukanlah sebuah toko fisik permanent yang harus Anda buka setiap hari. Melainkan, salah satu cara untuk bisa menggaet pelanggan lebih banyak, dan pelanggan bisa langsung mencoba produk yang di jual. Terutama jika Anda selama ini hanya berjualan secara online, Pop Up Store menjadi keuntungan untuk produk Anda bisa di sentuh langsung secara fisik.

Share With:
Rate This Article