Solusiukm
Bisnis

Subsidi Gaji Pekerja Rp. 600.000, Kalian Bisa Dapet Dari Pemerintah, lho!

Photo Source: Self Lender

Masa pandemi memang jelas membawa dampak buruk pada berbagai kalangan masyarakat. Mayoritas berbagai industri yang ada di Indonesia, bahkan dunia pun mengalami dampak buruknya. Penyebaran virus dari Covid – 19 Corona ini mengakibatkan pandemi yang akhirnya tidak kunjung usai. Vaksin yang masih dalam proses pencariannya ini memang membutuhkan proses yang cukup memakan waktu.

Efek domino yang membuat banyak indsutri bisnis di Indonesia tumbang ini berlangsung cukup lama. Untuk itu, kali ini pemerintah mengupayakan berbagai program – program yang bisa dijalankan. Program – program yang dirancang oleh pemerintah tersebut dirancang agar masyarakat yang terkena dampak buruk dari pandemi Covid – 19 Corona ini bisa sedikit lebih ringan.

Gaji di bawah Rp. 5. 000. 000,-

Salah satu yang menjadi program dari pemerintah agar kondisi tidak semakin terpuruk, adalah subsidi gaji pekerja. Program subsidi gaji pekerja ini secara langsung dirancang oleh Presiden Joko Widodo agar masyarakat tidak semakin parah dalam keanjlokan situasi di saat pandemi. Subsidi gaji pekerja yang diberikan dari pemerintah tersebut nominalnya sebesar RP. 600. 000,- kepada setiap pekerja yang terdampak Covid – 19 Corona. Bantuan uang tunai sebagai subsidi gaji pekerja tersebut akan diberikan bagi mereka para pekerja yang gajinya di bawah nominal RP. 5. 000. 000,-.

Selain itu, untuk mendapatkan subsidi gaji pekerja tersebut, para pekerja harus terdaftar secara resmi pada BPJK Ketenagakerjaan atau yang dulunya disebut dengan BPJS Ketenagakerjaan. Terdaftarnya pekerja pada BPJK Ketenagakerjaan wajib dinyakatan aktif hingga bulan Juni 2020. Dana subsidi gaji pekerja tersebut, rencananya akan cair pada tanggal 27 Agustus 2020. Tentunya, mereka yang diberikan subsidi gaji pekerja adalah mereka – mereka para pekerja yang memang benar – benar memenuhi syarat.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Indonesia yang bernama Ida Fauziah pun mengatakan hal yang sama. Ia berkata bahwa subsidi gaji pekerja tentu akan diberikan serentak pada tanggal 27 Agustus 2020, dan akan diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sebelumnya, pihak dari Kementrian Ketenagakerjaan telah menyiapkan hal – hal teknis dan juga administrasi. Hal – hal tersebut disiapkan agar dana subsidi gaji pekerja tersebut dapat dikirimkan dengan lancar dan sampai pada pekerja – pekerja yang memang terdampak dari pandemi Covid – 19 Corona.

Sabar, karena pemberian bertahap

Meskipun begitu, pemerintah mengaku akan mengirimkan dana bantuan subsidi gaji pekerja tersebut secara bertahap. Beberapa dari pekerja yang terdampak Covid – 19 Corona tersebut tentunya akan diberikan langkah demi langkahnya. Untuk minggu pertama, subsidi gaji pekerja akan diberikan terlebih dahulu untuk 2, 5 juta pekerja di setiap minggunya. Maka dari itu, pencarian uang subsidi gaji pekerja pada tanggal 27 Agustus 2020 merupakan pencairan tahap pertama. Tentunya, pencairan tersebut diharapkan bisa membantu kondisi pekerja – pekerja Indonesia yang memang kesulitan kondisi keuangannya karena dampak Covid – 19 Corona ini.

Kementrian Ketenagakerjaan berjanji akan terus mengawasi proses cairnya subsidi gaji pekerja. Pada program subsidi gaji pekerja dari Presiden Joko Widodo ini, anggaran yang akan diturunkan sebesar Rp. 37, 87 triliun. Nominal besar Rp. 37, 87 triliun tersebut merupakan subsidi gaji pekerja yang akan diberikan pada target 15. 725. 232 jumlah total pekerja Indonesia. Nominal total tersebut tentunya yang memang memenuhi syarat – syarat mereka yang memang membutuhkan dan terdampak besar pada Covid – 19 Corona.

Pemberian selama 4 bulan. Lumayan, kan?

Bantuan subsidi gaji pekerja sebesar RP. 600. 000 tersebut rencananya akan diberikan pada pekerja terdampak Covid – 19 Corona setiap bulannya, secara berturut – turut. Lama pemberian total untuk subsidi gaji pekerja adalah 4 bulan. Pemerintah Indonesia berharap dengan diberikannya subsidi gaji pekerja, masyarakat terdampak bisa terbantu dan lebih kuat dalam menghadapi pandemi. Langkah ini dilakukan juga agar subsidi gaji pekerja bisa membantu roda ekonomi yang bisa lebih berputar sehingga mereka – mereka bisa bertahan hidup. Langkah ini juga diambil agar ekonomi Indonesia dalam waktu ini bisa sedikit terbantu dan menjadi pulih normal

Jenis bantuan subsidi gaji pekerja ini juga diawasi dan diberikan langkah verifikasi yang berlapis – lapis sesuai syarat. Tentunya, verivikasi yang berlapis – lapis pada subsidi gaji pekerja ini dilakukan agar uang yang diberikan sebagai subsidi gaji pekerja bisa benar – benar diberikan pada yang tepat sasaran. Jangan sampai kiranya pemerintah memberikan subsidi gaji pekerja pada sasaran yang salah target, sehingga akan memusingkan mereka – mereka yang salah sasaran.

Kami paham betul bahwa kondisi Covid – 19 Corona ini memang situasi yang masuk dalam level darurat. Artinya, banyak sikon – sikon yang membuat para pekerja berada di ujung tanduk. Salah satu solusi sebagai situasi darurat keuangan adalah dengan berbisnis kecil – kecilan. Selain mudah, modal yang dibutuhkan dalam berbisnis kecil – kecilan juga tergolong minim sehingga kalian bisa lebih menghemat pengeluaran. Penghematan tersebut tentu penting untuk dilakukan di masa Covid – 19 Corona seperti saat ini. Cek berbagai panduan bisnis kecil – kecilan saat pandemi di banner bawah ini, GRATIS dan BUKAN SPAM.

 

Artikel Terkait

Bisnis Online Kekinian: Serba –Serbi Influencer

marsha

Tips Bisnis UKM Bertahan Saat Krisis dari Pakarnya

marsha

Cara Gampang Belajar Bisnis Online Buat Pemula

marsha