a

Sulit Jadi Startup Unicorn, Raih Predikat Start Up Zebra Aja!

Beberapa tahun belakangan ini, istilah startup unicorn memang sedang menjadi tren di kalangan pebisnis. Menjadi startup unicorn merupakan salah satu pencapaian tertinggi bagi para penggiat startup. Memang tak banyak startup yang berhasil merai predikat tersebut. Karena startup unicorn harus mampu mendapatkan pendanaan lebih dari US$ 1 miliar. Hingga akhir tahun 2018, tercatat bahwa Indonesia baru memiliki 4 startup unicorn, yaitu Traveloka, BukaLapak, Tokopedia, dan Gojek.

Pencapaian gemilang untuk meraih predikat startup unicorn sering kali membuat para penggiat startup jadi berkecil hati. Namun, ada alternatif lain yang bisa dicapai selain predikat tersebut. Anda masih punya kesempatan besar untuk merintis startup zebra.

Istilah startup zebra dipopulerkan oleh Mara Zepeda, CEO Switchboard, sejak tahun 2017. Menurut penuturan Mara, startup zebra bisa berkembang pesat bila didukung oleh perkembangan infrastruktur yang memadai. Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan startup zebra? Yuk simak ulasannya.

Tak Seperti Unicorn, Zebra Adalah Hewan Nyata

Istilah unicorn memang mengacu pada hewan khayalan yang berasal dari mitologi. Itulah sebabnya unicorn menggambarkan pencapaian startup yang terbilang sangat sulit diraih. Dari sekian banyak startup modern yang perkembangannya pesat, hanya segelintir saja yang berhasil menjadi startup unicorn.

Hal inilah yang memunculkan anggapan bahwa wajib ada pencapaian lain yang lebih realistis dibandingkan definisi unicorn di dunia startup.

Ada Perolehan Keuntungan yang Jelas

Karakteristik warna zebra yang hitam putih dianggap cocok mewakili perolehan keuntungan startup. Nantinya, startup zebra tidak akan mengalami kerugian di awal bisnis. Hal ini jelas bertolak belakang dengan startup unicorn yang kerap merelakan keuntungan ketika baru dirintis.

Misalnya, tahun-tahun pertama Gojek yang tidak memperoleh keuntungan besar seperti yang dibayangkan masyarakat. Keuntungan tersebut dialokasikan untuk memperkuat sistem, melakukan promosi, dan menghadirkan beragam inovasi.

Startup zebra diprediksi akan mendapatkan persentase keuntungan yang jelas tanpa mengabaikan hubungan sosialnya dengan masyarakat.

Tak Selalu Didirikan Masyarakat Kalangan Atas

Selama ini, para pendiri startup identik dengan masyarakat kalangan atas. Di Eropa dan Amerika Serikat, saat ini mayoritas pendiri startup berasal dari kalangan masyarakat kulit putih yang tergolong kaya. Di masa mendatang, startup zebra diprediksi akan dikembangkan oleh masyarakat yang latar belakangnya lebih beragam.

Orang-orang berkulit hitam dan etnis lainnya yang memiliki latar belakang pendidikan bervariasi juga berkesempatan mengembangkan startup dengan konsep futuristik. Sehingga persaingan antar startup semakin berwarna dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Membangun Komunitas yang Saling Menguatkan

Pada prinsipnya, startup unicorn tentu berusaha mengungguli kompetisi dengan startup lainnya di bidang yang sama. Hal ini akan berbeda bila nanti startup zebra mulai populer dan mendominasi.

Karena mayoritas startup zebra akan membangun komunitas bisnis yang saling menguatkan. Komunitas bisnis yang solid bisa berbagi informasi seputar perubahan tren pasar, minat masyarakat, dan fluktuasi daya beli. Sehingga iklim bisnis dapat disesuaikan dengan perubahan dari segi ekonomi, politik, budaya, maupun aspek lainnya.

Istilah Start Up Zebra memang belum begitu santer di Indonesia. Namun sebagai pendiri Start Up Anda harus segera berpikir bahwa Start Up Zebra menjadi tujuan Start Up yang Anda dirikan, dibandingkan dengan menjadi Start Up Zebra.

Kalau Anda berniat merintis startup zebra, berarti Anda wajib menyiapkan pondasi yang kuat untuk mendukung startup tersebut. Salah satu yang paling penting adalah sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan sistematis. Penggunaan Accurate Online dapat membantu Anda menyelesaikan urusan pembukuan keuangan bisnis bisa lebih mudah. Karena Accurate Online adalah software laporan keuangan berbasis cloud yang sesuai dengan kebutuhan start up Zebra.

Fitur-fitur pada Accurate Online memungkinkan Anda untuk menyusun laporan modul besar, mengatur persediaan barang, budget promosi, dan hal-hal lainnya secara praktis. Anda tinggal mengaktifkan fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhan. Mengatur urusan laporan keuangan jadi lebih mudah meskipun Anda sedang tidak berada di kantor. Bersama Accurate Online, mengembangkan startup jadi lebih mudah dan realistis. Yuk, siapkan Accurate Online sebagai bentuk investasi berharga untuk bisnis Anda.

Share With:
Rate This Article