Solusiukm
Bisnis

Teknologi yang Perlu Dimengerti Oleh Pengusaha

Sebagai seorang pengusaha yang hidup dan berbisnis pada era saat ini, merupakan hal yang penting untuk Anda agar paham mengenai kemajuan teknologi. Hal ini disebabkan oleh teknologi zaman sekarang yang berperan amat penting dalam kemajuan setiap usaha. Untuk bisa menguasai teknologi, bukan berarti Anda harus menjadi seorang yang mahir dalam penguasaannya, tetapi kuasai bagaimana peran teknologi dalam membantu kemajuan bisnis yang Anda jalankan, juga minimal paham cara pengoperasiannya.

Periode saat ini, para pengusaha tidak hanya mengandalkan penjualan melalui offline store, melainkan merambah dunia digital. Berikut Accurate Online berikan jenis teknologi apa saja yang perlu diketahui oleh pengusaha:

1. Teknologi Produksi

Teknologi yang mencakup ranah produksi umumnya memiliki banyak jenis, sehingga membutuhkan waktu untuk setidaknya memahami bagaimana cara kerja suatu proses produksi. Anda bisa saja hanya menyuruh pegawai Anda untuk melakukan segala hal yang bersangkutan dengan proses produksi, akan tetapi, jika Anda sebagai pemimpin tidak mengetahui secara rinci bagaimana produk Anda diciptakan dari awal sampai ada di tangan konsumen, hal ini tentunya akan menyusahkan saat masalah terjadi, Anda akan kesulitan menelusuri karena tidak paham mengenai seluk beluk dunia produksi. Product knowledge yang Anda miliki pun akan rendah dan usaha yang dilakukan sulit untuk mencapai maksimal.

2. Cara Kerja Sosial Media

Saat ini banyak konsumen yang memiliki kecenderungan untuk menghabiskan waktu mereka pada sosial media. Cara ini pun dilihat oleh pengusaha sebagai sebuah peluang berpromosi dan memperkuat brand melalui zona tersebut, karena kebiasaan masyarkat pun yang mulai bergeser untuk melakukan segala transaksi melalui area digital. Pelajari tren yang berkembang pada dunia sosial media, tentu saja dengan menyesuaikan dengan target market dari produk Anda, agar Anda tidak terlalu sulit untuk menjangkau konsumen. Jika budget memungkinkan, pekerjakan admin atau pekerja yang bertugas untuk menelusuri dan mengkontrol akun-akun sosial media Anda. Strategi dan promo yang akan diciptakan dapat Anda rancang kemudian disosialisasikan pada pegawai Anda, sesuai dengan rencana dan tujuan yang Anda mau. Ditambah dengan kebiasaan konsumen yang umumnya mencoba untuk mencarinya melalui Googgle mengenai reputasi suatu produk atau sebuah jasa sebelum mereka membeli dan melakukan transaksi.

3. Sistem SEO Marketing

Saat ini SEO menjadi ilmu yang banyak dipelajari oleh berbagai orang, terutama pelaku usaha yang ingin berbisnis dan ingin apa yang mereka jual dikenal banyak kalangan. Meskipun optimasi di mesin pencarian saat ini tidak terlalu besar dalam dunia pemasaran, bukan berarti anda harus meninggalkan SEO.

Sebagai seorang pengusaha, Anda sudah sewajibnya untuk mempelajari SEO untuk membantu visibilitas pengunjung datang ke web perusahaan anda. Memang tidak banyak orang yang bisa menguasai SEO, tetapi jika anda sebagai pengusaha bisa menggunakannya, hal ini tentunya akan berdampak baik bagi usaha Anda.

 

4. Desain Grafis

Desain Grafis merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting di dalam usaha Anda. Produk atau bahkan jasa yang pertama kali dilihat oleh pelanggan merupakan hasil kerja dari teknologi desain, mereka akan menilai secara garis besar apakah yang Anda tawarkan menarik atau tidak, baru selanjutnya akan diikuti dengan keputusan masyarakat apakah mereka memutuskan untuk melakukan transaksi pada bisnis Anda.

Jika bisa, Anda dapat mempelajari ilmu desain grafis, namun jika tidak memungkinkan, Anda dapat mempekerjakan seseorang yang ahli pada bidang tersebut. Yang krusial adalah, Anda perlu memahami pesan dari sebuah desain atau sebuah logo. Yang berarti, Anda harus memahami betul siapa target market Anda, lalu cocokkan dengan desain yang akan Anda buat.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki produk dengan target pasar dengan kelas menengah ke atas, maka Anda perlu mencerminkan pesan bahwa produk Anda eksklusif dan tidak terkesan murahan melalui desain produk maupun logo. Perhatikan juga saat memilih font huruf yang Anda gunakan, juga warna yang mendominasi produk dan logo. Format seperti apa yang Anda pilih sehingga memiliki kesan elegan yang cocok dengan karakter target konsumen.

5. Mengurus Akuntansi Bisnis dengan Cermat

Anda sebagai pebisnis, sudah sepatutnya memahami alur pembukuan perusahaan. Kesalahan yang sering dilakukan pengusaha adalah masih menggunakan sistem manual untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran dana bisnis Anda. Pencatatan melalui sistem manual kini tidak disarankan karena banyaknya kekurangan ketidak sesuaian data karena human error, bahan statistik yang hilang, rumitnya proses, dan lain-lain.

Artikel Terkait

5 Kiat Jitu Menggaet Pelanggan dari Kalangan Generasi Milenial

marsha

Ini Daftar Parfum Lokal Indonesia yang Paling Laris dan Juga Alasannya!

marsha

5 Penyebab Runtuhnya Giant dan Masa Depan Retail Indonesia

Iskandar Rumi