a

Telitilah! 8 Panduan Memilih Supplier untuk Bisnis

Apa saja yang menjadi fokus Anda ketika mengembangkan bisnis?

Mayoritas pebisnis pasti senantiasa mengutamakan pencapaian omset dan upaya menarik perhatian pelanggan. Hal tersebut memang tepat. Namun, ada hal-hal lain yang tak kalah penting bagi bisnis Anda. Salah satunya adalah memilih supplier.

Berlangganan lama dengan supplier tertentu bukanlah jaminan bahwa supplier tersebut adalah yang terbaik. Anda harus lebih teliti memilih supplier dan melakukan evaluasi secara teratur. Agar Anda bisa mendapatkan suplai bahan baku maupun produk berkualitas.

Jangan khawatir jika selama ini Anda belum berpengalaman memilih supplier. Ikuti beberapa tips berikut ini supaya bisa mendapatkan supplier terbaik untuk bisnis Anda:

Mencari Tahu Rekam Jejak Supplier

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak supplier tertentu, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui rekam jejaknya secara jelas. Misalnya, Anda mencari tahu tentang pengalaman pihak supplier atau masalah-masalah yang pernah berkaitan dengan supplier tersebut.

Hal ini sangat penting untuk meminimalkan risiko penipuan di kemudian hari. Jangan sampai oknum tak bertanggung jawab yang berkedok sebagai supplier membuat Anda merugi setelah menyetorkan uang dalam jumlah banyak.

Jangan Malas Membandingkan Harga

Ketika sudah merasa nyaman dengan pihak supplier langganan, biasanya pebisnis cenderung malas membandingkan harga dengan supplier lain. Padahal, belum tentu harga bahan baku yang diberikan benar-benar yang termurah.

Mungkin saja ada supplier lain yang bisa memberikan harga lebih murah dengan kualitas bahan baku yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk membandingkan harga. Anda pun bisa menyampaikan komplain kepada supplier lama bila ternyata supplier tersebut memberikan harga yang mahal.

Garansi

Ketersediaan garansi bahan baku dan produk juga mesti menjadi salah satu pertimbangan penting sewaktu memilih supplier. Sehingga Anda tak perlu khawatir memikirkan bahan baku dan supplier yang rusak dan dapat mengganggu kelancaran proses produksi. Nanti, Anda pun tak perlu menanggung kerugian akibat bahan baku yang rusak. Pihak supplier pasti bersedia mengganti bahan baku yang rusak bila sudah menjanjikan garansi dengan kesepakatan tertentu.

Kualitas Produk & Bahan Baku

Ketika Anda mendapatkan supplier, Anda pun harus memastikan bahwa kualitas produk dan bahan baku dari supplier Anda benar-benar berkualitas. Ketika Anda mendapatkan supplier secara online, Anda harus meminta sampel produk untuk memastikan kualitas. Jangan sampai Anda mengecewakan konsumen Anda. Sehingga Anda harus bisa memastikan produk dan bahan baku dari supplier sangat bagus.

Proses Pengiriman yang Praktis dan Cepat

Demi mendukung kelancaran proses produksi, Anda harus memilih supplier yang mampu mengirimkan bahan baku secara praktis dan cepat. Usahakan agar Anda mendapatkan supplier yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan lokasi bisnis Anda.

Sehingga urusan pemesanan dan pengiriman bahan baku jarang mengalami kendala. Alangkah lebih baik pula jika supplier pilihan Anda bisa melayani pemesanan bahan baku yang jumlahnya sedikit. Maka Anda pun tak akan mengalami masalah pemesanan bahan baku ketika load produksi memang sedang menurun.

Supplier yang Bisa Menjalin Komunikasi Efektif

Kadang kala, harga bahan baku bukanlah hal utama bagi pebisnis. Hubungan baik dengan pihak supplier juga menjadi salah satu yang penting untuk kelancaran bisnis. Sehingga Anda tak perlu sungkan berkomunikasi tentang masalah bahan baku dan kerja sama dengan supplier. Pihak supplier yang bijak pasti mau menerima kritik dan saran demi kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Tangan Pertama atau Distributor Pertama

Ketika Anda memilih supplier, kamu harus bisa mendapatkan dari tangan pertama. Jangan sampai Anda malah salah memilih supplier. Karena jika Anda tidak memilih supplier dari tangan pertama, hal tersebut malah membuat harga yang Anda dapatkan cukup mahal. Usahakan kalau harga yang Anda terima merupakan harga tangan pertama.

Pengembalian Produk

Bagaimana ketika produk atau bahan baku yang Anda terima dari supplier rusak atau cacat? Apakah itu bisa dikembalikan atau malah menjadi tanggung jawab Anda. Ketika Anda menyusun MOU dengan supplier, Anda harus tahu juga bagaimana prosedur pengembalian produk dan bahan baku yang rusak maupun cacat.

Saat mengatur urusan bahan baku, Anda juga wajib mendokumentasikan alur keuangan yang berkaitan dengan hal tersebut. Anda bisa mengandalkan Accurate Online untuk menyelesaikan urusan pembukuan bisnis secara mudah. Accurate Online adalah platform pembukuan berbahasa Indonesia yang memiliki berbagai fitur canggih. Dan Anda juga bisa memantau stok di gudang dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Selain bisa melakukan aktivasi fitur sesuai kebutuhan, Anda pun dapat mengintegrasikan Accurate Online dengan aplikasi keuangan lain (misalnya internet banking). Menyelesaikan laporan keuangan yang sistematis dan transparan jadi semakin mudah dengan Accurate Online. Mari mengatur urusan bahan baku dan keuangan bisnis secara lebih teliti mulai sekarang.

Share With:
Rate This Article