a

Tergiur Membuka Bisnis Studio Yoga? Baca Dulu 5 Tips Ini!

Siapa sih orang yang tidak ingin sehat? Sudah terbayang bagaimana semua rencana dan pekerjaan akan berantakan saat tubuh sakit. Oleh sebab itu, bisa dibilang bisnis di bidang kesehatan merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Apalagi membuka bisnis yang sedang trend seperti studio yoga, tentu kesuksesannya bikin tergiur. Agar bisnis lebih terarah, Anda dapat menyimak penjelasan tentang yoga dan 5 tips membuka bisnis studio yoga berikut ini.

Pahami Yoga Sebelum Membuka Bisnis Studio Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di masyarakat Indonesia sekarang ini. Olahraga yang berasal dari India ini telah ada sejak ribuan tahun lalu. Yoga modern mulai dikenal dunia pada tahun 1893. Saat itu seorang master yoga bernama Swami Vivekananda hadir dalam kongres di Amerika. Masyarakat Amerika sangat terkesan dengan yoga dan tertarik untuk mempelajarinya. Lama-kelamaan yoga semakin populer di seluruh dunia.

Konsentrasi penuh sangat dibutuhkan dalam yoga. Tujuan dari olahraga ini adalah terciptanya keselarasan antara jiwa, pikiran, dan tubuh. Yoga memiliki makna menyatukan seluruh jiwa, pikiran, dan tubuh dalam satu tujuan sebagai seorang manusia ciptaan Tuhan.

Yoga memiliki banyak manfaat. Dengan melakukan yoga secara konsisten, olahraga ini dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Selain itu, yoga dapat menjaga tubuh tetap bugar dengan berat badan ideal. Jadi tidak heran jika peminat yoga semakin bertambah setiap tahunnya. Masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan ikut kelas-kelas pelatihan di studio yoga. Tentu ini menjadikan bisnis membuka studio yoga semakin gurih saja.

5 Tips Membuka Bisnis Studio Yoga

Walaupun terlihat menggiurkan, membuka bisnis yoga juga memerlukan strategi yang tepat agar dapat berkembang sesuai target yang ditetapkan. Berikut ini tips membuka bisnis studio yoga yang perlu Anda ketahui :

Memilih Nama Studio Yoga dan Mengurus Hak Patennya

Seperti bisnis lainnya, nama sangat penting untuk membedakan antara studio yoga milik Anda dengan studio yoga lainnya. Pilihlah nama yang unik dan mudah diingat, namun tetap dapat menggambarkan citra yang ingin disandang studio yoga Anda. Jika Anda sudah menetapkan nama yang tepat, segeralah mengurus hak patennya agar tidak ada penjiplakan di kemudian hari.

Merekrut Pelatih Yoga yang Kompeten

Tips membuka bisnis studio yoga berikutnya adalah merekrut pelatih yoga yang kompeten. Pelatih yoga menjadi ujung tombak dalam sebuah bisnis studio yoga. Bukan saja harus menguasai gerakan-gerakan yoga dan seluk beluk tentangnya, sebaiknya Anda juga merekrut pelatih yoga dengan kepribadian yang ramah dan menyenangkan. Apalagi kebanyakan dari anggota studio yoga adalah wanita yang sangat mengutamakan perasaan. Mereka akan memilih pelatih yoga yang nyaman, bisa melatih dengan sabar, serta tidak kaku ketika diajak mengobrol.

Menyiapkan Paket Kelas dan Keanggotaan yang Menarik

Paket kelas dan keanggotaan yang menarik perlu disiapkan untuk menjangkau lebih banyak anggota di studio yoga Anda. Karena salah satu yang dapat membuat orang tertarik untuk bergabung dalam kelas yoga adalah berapa banyak keuntungan yang ditawarkan.

Tips membuka bisnis studio yoga yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan.  Siapkan paket kelas dan sistem keanggotaan menarik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Berikan banyak keuntungan untuk menambah loyalitas pelanggan.

Membuat Akun Media Sosial dan Website Resmi yang Informatif

Di era digital ini, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi. Termasuk informasi tentang studio yoga mana yang recomended. Pastikan informasi tentang studio yoga milik Anda berisi hal-hal unik sehingga dapat membuat orang ingin bergabung. Tips membuka bisnis studio yoga yang perlu Anda lakukan ini adalah membuat akun media sosial dan website resmi yang informatif.

Website studio yoga ini sebaiknya berisi tentang informasi terbaru di dunia yoga, jadwal latihan, dan promo-promo demi menarik minat pelanggan. Sebaiknya Anda juga memberikan ruang bagi pengunjung website untuk berinteraksi seperti komentar, chat, dan subscribe newsletter. Jangan lupa untuk selalu update status di media sosial. Media sosial merupakan salah satu media marketing yang efektif. Anda dapat menginformasikan program promosi dan membuat kuis-kuis berhadiah untuk menambah kedekatan dengan pelanggan.

Menggunakan Aplikasi Bisnis yang Tepat

Tips membuka bisnis studio yoga berikutnya adalah gunakan aplikasi bisnis yang tepat. Urusan administrasi dan keuangan diperlukan ketelitian dan data yang akurat. Anda tidak perlu pusing mengurusnya atau membuat karyawan Anda ikutan pusing. Sebaiknya Anda menggunakan Accurate Online untuk catatan keuangan bisnis studio yoga Anda dapat tersaji secara cepat dan akurat. Anda tinggal menginput data pelanggan dan transaksi yang ada, secara otomatis laporan keuangan disajikan dengan cepat. Bisnis Anda pun akan terhindar dari data yang semrawut.

Dengan Accurate Online, tidak hanya pelanggan Anda yang akan tetap sehat dan bugar. Usaha Anda pun akan sehat dan bugar keuangannya jika Anda mengelolanya dengan baik dan benar. Serta memiliki catatan keuangan yang akurat dengan aplikasi pembukuan Accurate Online.

Gaya hidup sehat bukan lagi tentang menjaga kebugaran tubuh saja di era sekarang. Orang berbondong-bondong memperbaiki pola makan dan rutin olahraga. Gaya hidup sehat telah menjadi trend yang berkembang dengan baik di masyarakat. Tidak heran jika orang rela mengeluarkan banyak uang untuk menjaga kesehatannya. Tentu saja ini menjadi ladang usaha potensial, baik di bidang kuliner, suplemen diet, maupun bisnis yang berkaitan dengan olah raga, seperti membuka studio yoga. Semoga tips membuka bisnis studio yoga bermanfaat bagi Anda yang ingin terjun di bisnis ini. (Maya NS)

Share With:
Rate This Article