a

Ternyata 8 Peluang Usaha di Desa Ini Bisa Bikin Anda Banyak Uang

Desa sering dianggap tempat yang tidak memiliki potensi ekonomi. Sehingga membuat banyak masyarakat pergi meninggalkan desa untuk pergi ke kota-kota besar yang sudah maju. Dengan alasan “untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.”

Betulkah begitu? Ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Desa bukanlah sekedar tempat yang tidak bisa memberikan kehidupan yang layak. Karena desa memiliki potensi yang besar untuk kehidupan masyarakatnya. Namun, memang tidak semua potensi di desa satu bisa sukses di desa lainnya. Inilah yang harus dilihat oleh masyarakat setempat.

Jika Anda saat ini tinggal di desa dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari berbisnis. Cukup banyak bisnis yang bisa dijalankan dari desa. Bisnis-bisnis ini tentunya bisa membantu mendongkrak penghasilan Anda lebih besar lagi.

Menemukan Potensi Di Desa

Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki jumlah Desa cukup banyak. Saat ini jumlah desa di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik jumlah Desa mencapai 82 ribu. Sedangkan menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri No 56 Tahun 2015 tentang kode dan data wilayah administrasi mengungkapkan bahwa jumlah desa di Indonesia mencapai 83.184 terdiri dari 74.754 desa dan 8.430 kelurahan.

Mengutip dari Berdesa.com banyak kepala desa yang menganggap desa tempatnya tidak memiliki potensi yang memadai untuk dijadikan BUMDesa atau Badan Usaha Milik Desa. Apa yang jadi potensi Desa yang bisa digarap oleh Desa tersebut.

Karena potensi di desa bukan hanya pertanian dan perkebunan saja. Masih banyak potensi yang bisa digarap oleh para pemangku kepentingan desa. Salah satunya seperti desa digital di Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu desa yang melihat potensi dari perkembangan digital.

Desa yang bernama Tanjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Jaraknya dari Pusat Kota Kabupaten Purbalingga sekitar 25 kilometer. Potensi desa ini pun dihidupkan oleh para pemuda desa. Pelopornya adalah Nofi Bayu Darmawan.

Tentunya menemukan potensi desa bukanlah perkara sulit dan juga bukan perkara mudah. Sebagai masyarakat asli desa, tentuya kondisi dan suasana desa hanya Anda yang tahu. Anda bisa mencari tahu potensi apa saja yang kira-kira ada di desa Anda.

Lalu Peluang usaha apa saja yang sekiranya bisa diterapkan di desa dan bisa menjadi cara untuk mencegah masyarakat desa untuk pergi dari desanya ke kota demi mendapatkan pekerjaan atau kehidupan yang lebih layak?

Peluang Usaha Di Desa

Banyak sekali peluang usaha di Desa yang bisa dilakukan oleh masyarakat Desa. Hal ini tentunya akan memudahkan masyarakat Desa dalam menjalankan roda perekonomian di desa. Peluang usaha di desa yang akan kami sebutkan bukan hanya perkebunan, pertanian, dan peternakan. Karena ketiga usaha tersebut pastinya sudah dijalankan oleh masyarakat Desa.

Membuka Warnet

Akses internet di Desa mungkin sudah ada. Namun belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat desa. Karena untuk memakai akses internet, seseorang harus memiliki smartphone, komputer atau laptop dan sebagainya. Tentunya tidak semua masyarakat desa memiliki alat-alat ini.

Salah satu hal yang diperlukan oleh masyarakat desa yang cukup diminati oleh masyarakat adalah Warnet. Karena Warnet bisa menjadi tempat masyarakat Desa dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pertanian dan perkebunan, hingga kebutuhan anak-anak sekolah yang membutuhkan materi-materi untuk mengerjakan tugas mereka.

Jika Anda memiliki lokasi yang cukup luas, Anda bisa mencoba untuk membuka Warnet di rumah. Karena warnet bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan di Desa. Dan bisa menjadi tempat anak-anak belajar untuk melihat dunia mereka.

Usaha Makanan Hasil Pertanian & Peternakan

Apa hasil pertanian atau perkebunan yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan makanan atau cemilan? Tentunya sangat banyak peluang ini di Desa. Seperti membuat kripik buah, jika di desa Anda memiliki pasokan buah yang cukup banyak.

Selain itu, misal Anda juga bisa membuat kripik-kripik atau apapun yang bisa dijadikan peluang yang cukup besar dari tempat Anda. Tentunya di desa sangat banyak hasil pertanian maupun peternakan yang bisa dijadikan makanan atau cemilan yang sangat disukai oleh masyarakat perkotaan.

Anda harus bisa melihat peluang usaha ini, agar di desa Anda bisa memiliki cukup makanan untuk dijadikan peluang bisnis.

Bank Sampah

Terkadang banyak Desa yang tidak memiliki Tempat Penampungan Sampah atau biasa disebut TPS. Tidak adanya TPS bisa Anda manfaatkan untuk membangun Bank Sampah. Membangun Bank Sampah tidak sekedar mencari keuntungan saja, tetapi Anda juga bisa menjadi pionir untuk mengatasi masalah sampah di pedesaan.

Dengan masyarakat mengumpulkan sampah-sampahnya ke Bank Sampah yang Anda dirikan, tentunya membuat Anda bisa dengan mudah membantu masyarakat agar tidak membuang sampah atau membakarnya sembarangan. Serta menjadikan Anda sebagai seorang yang peduli lingkungan.

Bahkan sampah-sampah yang dikumpulkan di Bank Sampah bisa menjadi satu cara untuk menjadikan sampah tersebut sebagai produk kreatif lagi. Contohnya tas plastik, karpet plastik, atau lainnya. Bahkan sampah basah yang cukup bau bisa Anda jadikan sebagai pupuk kompos yang bisa dijual lagi ke petani-petani Desa. Bukannya menguntungkan?

Membuat uang yang ada di Desa akan berputar di Desa saja dan tentunya bisa digunakan untuk membangun infrastruktur Desa secara mandiri. Ini bisa menjadi salah satu Andalan Desa-Desa. Sudah banyak Desa-Desa di Indonesia yang bisa mandiri. Sekarang waktunya Desa Anda.

Kerajinan Tangan

Setiap desa terkadang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah kerajinan tangan, masyarakat Desa cukup kreatif dalam membuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai seni tinggi. Dengan memanfaatkan barang-barang baik dari alam maupun barang-barang bekas bisa menjadi satu kerajinan tangan yang kreatif.

Sebagai masyarakat Desa, Anda bisa memanfaatkan kerajinan tangan ini untuk usaha. Jika memang Desa Anda bukanlah Desa wisata, Anda bisa menjual produk-produk tersebut ke Kota untuk dijual kembali. Namun jika Desa tempat Anda tinggal merupakan Desa wisata ini merupakan salah satu peluang usaha di Desa yang sangat menjanjikan.

Kerajinan tangan tersebut bisa Anda jual kepada para wisatawan yang datang. Selain itu, jika kerajinan tangan yang Anda buat hanya berasal dari Desa tempat tinggal Anda, tentunya ini akan menjadi salah satu kearifan lokal yang dikenang oleh masyarakat luar.

Home Stay

Desa Anda Desa wisata? Kalo lokasi Desa Anda merupakan Desa Wisata ini bisa menjadi peluang usaha unggulan. Jika Anda memiliki beberapa properti di Desa dan properti tersebut tidak di tempati atau tidak digunakan sebagai tempat tinggal, Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk home stay.

Terkadang para wisatawan memerlukan home stay untuk mereka tinggal beberapa hari di Desa Anda. Dalam menyewakan Homestay bisa menjadi sesuatu yang cukup menguntungkan. Apa lagi jika Anda memberikan pelayanan terbaik, pastinya Homestay Anda bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan yang berlibur ke Desa dan ini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan bagi Anda.

Bengkel Kendaraan

Cukup banyak masyarakat Desa yang memiliki kendaraan bermotor. Kendaraan yang mereka gunakan memerlukan perawatan. Namun masyarakat Desa cukup segan untuk sekedar memperbaiki motor atau melakukan kendaraannya dengan bepergi ke Kota.

Membuka Bengkel bisa menjadi salah satu peluang usaha di Desa yang cukup menjanjikan bagi sebagian masyarakat Desa dan peluang ini bisa Anda lakukan di desa tempat tinggal Anda.

Ekpedisi atau Jasa Pengiriman

Banyak petani atau para peternak di Desa yang terkadang bingung dalam mengirimkan produk-produknya keluar Desa. Mereka membutuhkan jasa ekpedisi atau jasa pengiriman untuk mengirimkan produknya.

Dengan membuka jasa ekpedisi atau jasa pengiriman bisa memudahkan para petani, peternak, dan pebisnis lainnya di Desa untuk mempermudah pergerakan barang mereka ke Kota. Membuka usaha ekpedisi dan jasa pengiriman bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan.

Bisnis Online

Bisnis online bukan sekedar bisnis yang hanya bisa dilakukan oleh masyarakat kota-kota besar. Namun masyarakat Desa pun bisa melakukannya. Karena bisnis online bisa dilakukan dari mana saja asal memiliki jaringan internet. Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan oleh masyarakat Desa.

Bahkan produk yang dijual pun bukan sekedar produk yang berasal dari kota. Melainkan produk yang berasal dari hasil Desa pun bisa dilakukan. Nah inilah yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat Desa agar bisa berkembang dan bisa menghasilkan dari kota sendiri.

Desa bukanlah tempat yang tidak bisa menghidupkan perekonomian. Banyak sekali potensi dan peluang usaha di desa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Anda pun bisa mencoba untuk membangun usaha di Desa dibandingkan harus pergi ke Kota untuk mencari kehidupan yang lebih layak. Padahal di desa bisa menghasilkan kehidupan yang lebih layak dibandingkan di kota loh. Sudah terpikirkan ingin membuka peluang usaha di Desa?

Share With:
Rate This Article