a

Ternyata Ini Peran dan Manfaat Sistem Akuntansi Untuk Bisnis Kecil

Akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis. Secara tidak langsung, proses akuntansi memberikan informasi terhadap keadaan perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan. Tetapi proses akuntansi tidak melulu harus diterapkan dalam bisnis besar. Meskipun bisnis Anda masih kecil, Anda tetap bisa menerapkan akuntansi untuk bisnis kecil Anda.

Sebagai entrepreneur baru merintis, terkadang pebisnis sering mengabaikan namanya akuntansi. Padahal, akuntansi tidak melulu tentang angka-angka yang sulit dipahami, dan hanya dimengerti oleh orang-orang yang memang mengerti akuntansi. Tetapi setiap pencatatan yang dilakukan dalam bisnis, hal tersebut termasuk dalam proses akuntansi.

Dalam menjalankan bisnis, baik itu besar dan kecil semua proses dalam membangun dan menjalankannya tidaklah mudah. Apa lagi jika bisnis Anda jalankan sendiri. Maka semua konsentrasi dalam menjalankan usaha ada ditangan Anda.

Baik itu mengurus produk, bagaimana memasarkan produk, bagaimana mendapat keuntungan, mengelola keuangan secara keseluruhan seperti pemasukan dan pengeluaran, serta biaya modal dan produksi. Semua ada pada pundak Anda.

Disinilah peran akuntansi dalam bisnis berlaku. Semua masalah keuangan harus memiliki catatan. Tanpa itu semua, maka Anda bisa gagal dalam bisnis. Akuntansi untuk bisnis kecil tentunya tidak seribet dan sesulit akuntansi dalam perusahaan besar.

Sehingga Anda harus dapat mencatat semua hal yang berkaitan dengan keuangan, baik itu keuntungan maupun kerugian. Banyak pengusaha pemula yang mengabaikan pengelolaan keuangan secara baik, dan bisnisnya berhenti hanya dalam hitungan bulan.

Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk menerapkan akuntansi untuk bisnis kecil Anda. Dengan tips ini, maka akan membantu Anda dalam mengatur segala macam permasalahan keuangan yang ada dalam bisnis Anda.

Sebelum mengetahui manfaat akuntansi bagi bisnis Anda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa fungsi utama dari akuntansi. Ada tiga peranan akuntansi yang paling penting dalam sebuah bisnis.

Peran Akuntansi Dalam Bisnis

Alat Identifikasi

Sebagai alat identifikasi, akuntansi untuk bisnis berperan dalam mengidentifikasi setiap transaksi atau arus keuangan yang ada dalam bisnis. Baik itu mengenai biaya masuk maupun biaya keluar. Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan data yang jelas terhadap keuangan bisnis Anda.

Alat Pencatatan

Akuntansi merupakan proses pencatatan semua hal yang berkaitan dengan masalah keuangan yang ada dalam bisnis Anda. Jika dalam perusahaan besar, setelah melakukan pencatatan maka hasil tersebut akan masuk dalam jurnal atau buku besar. Sehingga semua transaksi akan terlihat dalam satu buku saja.

Alat Komunikasi

Fungsi terakhir dari aktivitas akuntansi dalam bisnis adalah alat komunikasi. Seperti telah disebutkan diawal, akuntansi adalah bahasa bisnis yang dapat mengkomunikasikan keadaan suatu bisnis atau perusahaan pada periode tertentu. Bahasa bisnis disampaikan dengan mengunakan laporan keuangan yang telah dibuat.

Itulah tiga peran akuntansi yang harus Anda ketahui dalam setiap mengelola sebuah lini bisnis yang dijalankan. Anda harus dapat memahami ketiga peran tersebut, demi kelangsungan bisnis Anda.

Selain terdapat peran, akuntansi dalam bisnis juga memiliki manfaat yang baik untuk kelangsungan bisnis milik Anda. Sebagai pengusaha, Anda pun harus mengetahui manfaat dari akuntansi yang bisa Anda terapkan tersebut.

Manfaat Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Sebagai Alat Kontrol dan Kendali Bisnis

Dalam menjalankan usaha, pengontrolan dan pengendalian keuangan sangat penting demi kelangsungan bisnis yang Anda jalankan. Tanpa adanya pengontrolan dan pengendalian keuangan yang baik, maka akan sulit bagi Anda dalam melihat jumlah kerugian dan keuntungan usaha yang Anda jalankan pada periode tertentu.

Sebagai Aktivitas Keuangan dan Transaksi Usaha

Aktivitas akuntansi untuk bisnis, akan memperlihatkan setiap aktivitas keuangan dan transaksi yang terjadi dalam setiap harinya. Hasil dari data-data transaksi tersebut, akan Anda jadikan alat untuk mengambil keputusan dan penerapan strategi-strategi baru dalam bisnis Anda.

Sebagai Alat Evaluasi Usaha

Setelah menjadi sebuah alat kontrol, dan sebagai aktivitas keuangan, akuntansi bermanfaat untuk digunakan sebagai alat evaluasi usaha yang sedang Anda jalankan. Dari hasil laporan yang diperoleh, proses akuntansi akan dijadikan untuk menilai aktivitas usaha yang sudah dijalankan.

Ketiga manfaat tersebut akan Anda peroleh, ketika Anda melakukan aktivitas keuangan dalam menjalankan setiap usaha yang Anda jalankan. Dengan menerapkan aktivitas akuntansi yang baik untuk bisnis kecil, maka bisnis Anda dapat memiliki tujuan kedepannya.

Tips Mengelola Akuntansi Untuk Bisnis Kecil

Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika sudah memulai sebuah bisnis. Tips ini akan membantu Anda, agar lebih baik lagi dalam mengatur setiap keuangan dalam bisnis yang Anda jalankan dan bisa Anda jadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Memisahkan Antara Uang Pribadi dan Bisnis

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjalankan sebuah bisnis, memulai memisahkan Antara uang pribadi dan uang bisnis. Pisahkan, berapa modal yang harus Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis. Hindari mencapurkan antara, keuntungan bisnis dengan keuangan pribadi.

Jika memang Anda mengharuskan membuka rekening khusus bisnis, maka sebaiknya Anda bisa memisahkan antara rekening untuk bisnis, maupun rekening untuk pribadi. Jangan selalu mengambil keuntungan jika keuntungan tersebut memang sudha terlihat.

Memiliki Sistem Pembayaran yang Jelas

Setelah Anda dapat memisahkan antara uang pribadi dan bisnis, kini hal yang harus Anda terapkan adalah bagaimana sistem pembayaran yang akan dilakukan oleh klien. Meskipun bisnis Anda belum berkembang atau sedang berkembang, maka sebaiknya Anda harus memikirkan bagaimana customer melakukan pembayaran, usahakan konsumen Anda melakukan pembayaran pada rekening yang khusus untuk bisnis Anda.

Anda juga harus menyiapkan bukti pembayaran yang jelas, baik itu struk pembayaran, dan invoice. Sehingga memudahkan Anda dalam membuat pembukuan dan laporan keuangan secara periodik sebagai proses akuntansi untuk bisnis kecil Anda.

Mencatat Semua Transaksi

Meskipun bisnis yang Anda jalankan masih cukup kecil, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap mencatat semua transaksi yang terjadi setiap harinya. Baik itu transaksi masuk, maupun transaksi keluar. Dengan adanya bukti transaksi, maka pembukuan pun akan lebih mudah. Serta masuk keluarnya barang setiap hari dapat terdata dengan baik.

Sistem Pembukuan

Hal terpenting dalam setiap proses akuntansi adalah sistem pembukuan. Karena dalam setiap pembukuan akan dilakukan pencocokan dan mengelompokan setiap proses transaksi, mendata barang masuk keluar, dan biaya-biaya yang dikeluarkan meskipun biaya tersebut bernominal kecil. Maka sebaiknya Anda tetap melakukan pembukuan.

Dalam membuat pembukuan, maka Anda bisa mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang terjadi dalam periode tertentu, misal dalam satu bulan. Saat ini, untuk melakukan pembukuan Anda tidak memerlukan cara manual. Anda bisa menggunakan software akuntansi, seperti Accurate Online (AOL) yang memudahkan dalam melakukan pembukuan pada proses akuntansi untuk bisnis.

Seluruh data keuangan bisnis Anda bisa tercatat dengan sempurna dalam sistem cloud dan memiliki keamanan yang setara dengan sistem Bank. Terlebih, AOL juga menyediakan fitur perpajakan yang sudah terintegrasi dengan Pajak.go.id.

Jangan Tergiur Keuntungan

Setelah beberapa bulan Anda menjalankan usaha, dan dalam pembukuan yang Anda buat pada AOL, Anda menemukan keuntungan yang cukup besar. Ketika keuntungan ini sudah Anda peroleh, maka usahakan Anda jangan mudah tergiur dengan untung yang dapat.

Sisihkanlah hasil keuntungan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jangan sampai, keuntungan yang Anda peroleh hanya Anda gunakan untuk kepentingan pribadi saja, tanpa memikirkan bisnis Anda ke depannya.

Kelima tips mengelola akuntansi untuk bisnis kecil bisa segera Anda terapkan saat Anda sudah memulai bisnis. Dengan adanya sistem akuntansi yang baik, maka akan membantu Anda untuk mengembangkan dan memajukan usaha Anda untuk lebih baik lagi.

Share With:
Rate This Article