a

Tips Paling Oke Membangun Bisnis Keluarga Part 2:

Orang tua kita memiliki caranya sendiri untuk membangun mata pencaharian mereka. Salah satu mata pencaharian yang dilakukan oleh orang tua kita atau keluarga, adalah dengan membangun bisnis atau sebuah usaha. Dengan membangun sebuah bisnis atau usaha, tentunya mereka sejak dahulu telah menjalankannya dengan usaha maksimal, dan juga jatuh bangun secara hebat yang berusaha dilalui mereka hingga bisa berkembang sampai saat ini.

Lalu, dengan semua waktu yang berjalan dan orang tua tyang telah sekian lama membangun bisnis tersebut, akan ada kalanya mereka perlu memberikan amanah bisnis keluarga tersebut kepada anak cucu mereka. Pelengseran tugas dan kewajiban untuk membangun bisnis keluarga atau melanjutkan usaha turun – temurun tersebut diharapkan dapat menjadi penerus dalamm membangun bisnis keluarga.

Namun, perlu diingat, tidak serta merta membangun bisnis keluarga dapat dijalankan dengan mudah, lho, Sobat UKM! Akan banyak halangan yang tidak mudah dilalui oleh kalian para anak muda yang akan membangun atau meneruskan bisnis keluarga.

Tantangan zaman yang bergerak sangat cepat membuat pola bisnis atau usaha pun juga ikut berkembang dan berubah begitu cepat. Faktor – faktor eksternal yang nantinya tentu akan membuat hambatan dalam membangun bisnis keluarga terasa sulit. Selain itu juga ilmu yang akan diajarkan pada kalian, tentu akan banyak memiliki perbedaan pendapat dengan kalian anak muda. Seperti contoh, sebuah teori yang dimiliki oleh orang tua kalian sebagai pendiri dan membangun bisnis keluarga, belum tentu akan berhasil jika dijalankan pada zaman sekarang karena peruabahan situasi dan segalanya yang begitu cepat. Dan juga masalah – masalah lain yang akan muncul.

Namun, jangan sedih, kita di sini ada untuk memberikan melalui artikel ini mengenai tips membangun bisnis keluarga part 2 atau bagian kedua. Artikel ini ada untuk menyambung tulisan atau penjelasan sebelumnya, yaitu ‘Ini Tips Paling Oke Membangun Bisnis Keluarga Part 1‘. (Sssst, jika kalian belum membacanya, ada baiknya jika kalian membaca tulisan tersebut, ya!)

Berikut tim Solusi UKM ringkaskan tulisan mengenai tips membangun bisnis keluarga untuk kailan para pembaca setia website Solusi UKM:

Profesional antara kerempongan bisnis dan kerempongan pribadi

Bagaimana kalian sebagai anak muda yang ingin membangun bisnis keluarga adalah salah satu kunci keberhasilan dan keberlangsungan dari bisnis keluarga milik orang tua kalian. Salah satunya adlaah dengan cara profesional membagi urusan pekerjaan dan urusan bisnis yang dimiliki. Kalian perlu tahu, lho, saat proses membangun bisnis keluarga atau meneruskan bisnis keluarga, banyak banget bisnis yang bubar dan hancur karena tidak disiplin dalam memisahkan urusan pribadi dan bisnis yang dimiliki. Ih, horor!

Ingat juga untuk kalian punya optimisme yang sama terhadap masa depan dari bisnis kalian. Orang tua dan kalian harus merasa yakin jika status regenerasi dalam membangun bisnis keluarga ini dapat berjalan dengan baik dan penuh dukungan. Dengan rasa optimis dari kedua belah pihak, membangun bisnis keluarga tentu dapat menjadi semangat dalam kalian.

Seperti halnya saat berdiskusi dengan orang tua kalian mengenai bisnis. Kalian perlu menggunakan topeng profesional dalam membangun bisnis keluarga dan tidak mengeluarkan sisi – sisi ingin dikabulkan dalam segala hal. Diskusi dengan sehat bersama orang tua, ajukan materi – materi yang bersifat argumentatif dengan data – data yang valid dan bisa dibuktikan kebenarannya. Saat apa yang kalian kemukakan tidak sesuai dan dibantah, terima penolakan tersebut dengan lapang dada agar pemisahan kehidupan pribadi dan sisi membangun bisnis keluarga.

Sebagai pertimbangan, bisa mempekerjakan pihak ketiga

Dalam berbisnis, pasti banyak sekali rencana –  rencana yang tidak berjalan dengan mulus. Kalian boleh sudah memetakan rencana dari A hingga Z, namun saat eksekusi, akan ada saja hal – hal yang berjalan tidak sesuai dengan rencana awal kalian. Maka dari itu, sebagai pertimbangan dalam usaha membangun bisnis keluarga milik kalian, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan pihak ketiga, yang mana dalam kasus ini adalah konsultan bisnis.

Kalian bisa memilih konsultan bisnis yang memang sudah benar – benar terpercaya agar membangun bisnis keluarga kalian dapat berjalan lebih lancar. Caranya, kalian bisa menanyakan dari mulut ke mulut dari teman – teman kalian yang memang sudah terbukti memiliki sepang terjang dalam dunia bisnis yang tidak diragukan lagi. Dengan begitu, kalian bisa memilih konsultan bisnis yang sesuai dengan karakter bisnis kalian.

Konsultan bisnis akan berperan sangat banyak dalam menjalankan dan membantu kalian dalam membangun bisnis keluarga. Terlebih jika nantinya akan ada perselisihan pendapat antara kalian generasi penerus bisnis, dan orang tua kalian sebagai pendiri sebuah bisnis, tentunya dieprlukan puhak penengah agar tidak terjadinya konflik yang tidak perlu dan bisa menghemat tenaga. Maka dari itu, konsulutan akan lebih bisa membantu dengan memberikan opini – opini mereka yang berdasarkan pengalaman – pengalaman mereka mengarungi bahtera bisnis.

Yang terakhir, konsisten, kakak!

Tips untuk kalian dalam membangun bisnis keluarga, dan tentunya tidak kalah penting adalah menjadi konsisten. Sebenernya, pada bisnis apapun, baik sedang membangun bisnis keluarga atau tidak, konsistensi merupakan karakter wajib yang harus dilakukan. Karena hasil yang didapat dalam membangun bisnis keluarga tentu tidak akan instan, maka dari itu sifat konsisten sangat penting untuk dilakukan setiap saat.

Terlebih jika standar yang dimiliki dari zaman membangun bisnis keluarga kalian dipegang sepenuhnya oleh orang tua, lalu saat kalian pegang, bisnis tersebut menjadi berubah kualitasnya, atau penurunan pada komponen – komponennya. Tentu pelamggan akan jadi sangat malas dan tidak ingin kembali. Sayang banget, kan?

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x