a

Trik Paling Oke Ngatur Keuangan Pribadi

Sebagai pebisnis atau pelaku usaha UMKM Indonesia, mengatur seluruh arus keuangan menjadi salah satu kunci utama agar bisnis dan keuangannya dapat berjalan dengan lancar. Pemasukan dengan nominal tinggi pun akan menjadi percuma jika kalian sebagai pemiliknya tidak mahir dalam cara menghemat, mengatur keuangan secara cermat. Terlebih lagi jika mengeluarkan uang hanya karena sifat impulsif, kesenangan yang dirasa hanya akan bersifat sementara dan tidak berlangsung lama.

Melakukan kontrol secara ketat dan menghemat uang merupakan hal yang mungkin sulit namun memiliki manfaat jangka panjang yang baik. Aman secara finansial juga merupakan kelebihan lainnya dari berhemat. Mengantisipasi hal – hal darurat juga hal yang dapat ditanggulangi saat hal yang tidak diinginkan menimpa. Lalu, bagaimana tips mengatur keuangan yang dijamin lebih ampuh dan oke dalam mengatur keuangan? Simak tips mengatur keuangan paling jitu di bawah:

Buat pengaturan dengan serius

Sumber : www.freepik.com created by Freepik

Langkah yang pertama dari tips mengatur keuangan, adalah dengan melakukan pembagian pada pos – pos yang nantinya pos tersebut bisa diberi label nama sesuai tujuan biaya yang dituju. Seperti contoh, uang bisnis, uang kebutuhan bulanan, keinginan pribadi, simpanan uang, dan lain – lain.

Para ahli keuangan menyarankan sebuah rumus yang bisa kalian gunakan sebagai tips mengatur keuangan. Pembagiannya adalah 50% untuk kebutuhan utama, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% sebagai dana tabungan. Dengan menggunakan rumus ini secara disiplin, tentu dijamin pengeluaran akan terkontrol dan tips mengatur keuangan secara maksimal dapat terlaksana.

Download apps yang mendukung

Sumber : www.freepik.com created by katemangostar

Mungkin sebagian dari kalian ada yang malas mengatur keuangan secara manual. Karena pada dasarnya sangat penting untuk melakukan pencatatan setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada keuangan kalian.

Tidak perlu panik karena zaman sekarang semakin banyak tersedia aplikasi – aplikasi yang dapat mencatat segala pengaturan keuangan bulanan kalian. Aplikasi tersebut banyak tersedia gratis pada smartphone baik android maupun iPhone Apple.

Dengan mengunduh aplikasi keuangan tersebut, kalian dapat sangat terbantu untuk menjalankan tips mengatur keuangan dengan mudah dan memastikan uang – uang yang keluar akan sesuai dengan rencana awal sehingga lebih terkontrol.

Kebutuhan atau keinginan?

Sumber : www.freepik.com created by slidesgo

Saat ingin membelanjakan sesuatu, pastikan untuk menanyakan pada diri sendiri apakah yang akan dibeli merupakan suatu keinginan atau sebuah kebutuhan? Tentukan terlebih dahulu mana saja yang memang bagian dari prioritas utama. Beberapa hal yang menjadi hal kebutuhan utama seperti contohnya hutang piutang, kebutuhan makan setiap harinya, tagihan, dan lain – lain.

Saat ingin membeli ‘keinginan’, sabar

Manusia tentu boleh jika menginginkan untuk membeli sesuatu karena hal tersebut sangat amat lumrah. Namun, dalam menginginkan suatu barang, meskipun mampu membelinya secara langsung, diwajibkan untuk kalian untuk mencoba tahan kembali keinginan tersebut. Pikirkan kembali apakah kamu benar-benar membutuhkannya dan juga pertimbangkan poin plus dan minus dari membeli barang tersebut.

Pikirkan ulang apa benar – benar ingin membeli hal tersebut. Saat benar – benar terpikirkan hingga berminggu – minggu, bahkan berbulan – bulan, yakinkan diri untuk menyisihkan uang untuk membeli sesuatu agar tidak terbiasa impulsif. Dengan menjalankan trik ini dan selalu disiplin, tentu kalian akan menemukan manfaat dari tips mengatur keuangan secara maksimal.

Penjelasan di atas adalah tips mengatur keuangan dan menjadi hal – hal dasar yang perlu dilakukan. Ingat, tidak ada gunanya jika kalian menghafal teori – teori ini tapi tidak melakukannya. Bahkan, melakukannya pun akan serasa kurang jika tidak dilakukan secara teratur dan disiplin. Selamat berhemat, Sobat UKM!

Share With:
Rate This Article
avatar