a

Pengusaha Wajib Tahu! Tujuan Akuntansi Untuk UKM

Bisnis yang dijalankan dengan baik adalah bisnis yang tidak bisa dilepaskan dari akuntansi. Namun banyak pebisnis, terutama pelaku UKM yang tidak menerapkan sistem akuntansi pada usaha mereka. Banyak yang menganggap bahwa akuntansi belum perlu dilakukan jika bisnis masih kecil, padahal akuntansi memiliki tujuan tersendiri bagi UKM. Ada banyak tujuan akuntansi untuk UKM, pastinya akan menguntungkan bagi pelaku UKM.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai peran akuntansi bagi UKM. Selain peran, akuntansi juga memiliki tujuan bagi UKM. Karena akuntansi bukan hanya berperan untuk perusahaan besar saja, melainkan juga dapat digunakan untuk segala jenis usaha skala besar maupun skala kecil.

Namun seringkali pebisnis UKM mengabaikan akuntansi, padahal akuntansi memiliki fungsi yang cukup banyak dan akan sangat membantu berjalannya usaha Anda. Tanpa menjalankan akuntansi, Anda akan sangat sulit melihat sudah sejauh mana usaha yang Anda miliki sudah berkembang.

Jika Anda mengetahui secara pasti, bahwa akuntansi memiliki peran penting untuk mengatasi masalah yang dialami oleh pelaku UKM secara umum, yakni sulitnya mendapatkan akses modal dari pemerintah. Hal ini disebabkan oleh pelaku UKM yang masih ‘buta’ terhadap akuntansi. Sehingga mereka tidak memiliki kemampuan dalam membuat laporan keuangan.

Tujuan Akuntansi Untuk UKM

Mengetahui Keuntungan

Dengan menerapkan sistem akuntansi yang baik, Anda akan mengetahui jumlah keuntungan yang Anda dapatkan pada periode tertentu. Hal ini akan membantu Anda, bagaimana mengelola hasil keuntungan tersebut. Hal terpenting, jangan sampai keuntungan yang Anda dapatkan tersebut hanya digunakan untuk kepentingan pribadi.

Dengan bantuan akuntansi, jumlah keuntungan yang Anda peroleh akan terlihat. Dan keuntungan diperoleh dari sumber usaha yang mana akan terlihat. Sehingga dengan proses akuntansi, Anda dapat menentukan berbagai strategi baru untuk mengembangkan usaha dari hasil proses akuntansi tersebut.

Memiliki Rencana Keuangan

Adanya tujuan akuntansi untuk UKM, akan mendorong Anda untuk membuat rencana keuangan dan memiliki rencana keuangan. Rencana keuangan akan bisa selalu dipantau dengan melihat kondisi keuangan yang ada. Sehingga apa yang ingin Anda lakukan ke depan akan terarah, memiliki tujuan yang jelas, dan memudahkan Anda untuk fokus mengembangkan usaha dari UKM menjadi usaha besar.

Mengetahui Arus Kas

Jangan fokus pada keuntungan saja, saat Anda memiliki keuntungan maka Anda harus lebih aktif utnuk mengatur arus kas usaha yang Anda miliki. Hal ini sering diabaikan oleh pelaku UKM. Karena mereka hanya memandang keuntungan saja, tanpa melihat hal lain dari sisi keuangan seperti modal yang sudah dikeluarkan, utang yang dimiliki, dan persediaan barang.

Kesulitan yang sering timbul dari pelaku usaha adalah mengola arus kas. Padahal usaha yang dijalankan sudah memiliki catatan akuntansi yang baik. Disinilah Anda sebagai pengusaha dibutuhkan pengetahuan mengenai arus kas.

Sebagai Sumber Informasi

Sumber infomasi dalam usaha bisa didapatkan dari catatan-catatan transaksi yang baik. Namun terkadang pemilik bisnis enggan mencatat setiap transaksi yang ada. Mungkin yang dicatat hanya transaksi masuk, namun untuk stok persediaan, transaksi keluar, dan uang keluar jarang sekali dilakukan pencatatan. Tujuan akuntansi untuk UKM sebagai sumber informasi mengenai keadaan usaha saat ini. Karena hampir setiap usaha tidak memiliki sumber informasi keuangan yang jelas.

Tujuan akuntansi juga bisa untuk melihat potensi usaha yang Anda miliki dan bagaimana mendapatkan laba yang lebih besar, serta meningkatkan jumlah penjualan produk yang lebih baik lagi. Dan juga perubahan-perubahan yang ada pada sumber ekonomi.

Menyajikan Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari seluruh kegiatan akuntansi. Laporan inilah yang memiliki peran penting menginformasikan kondisi dan posisi keuangan usaha yang Anda miliki. Tanpa memiliki laporan keuangan, maka Anda akan sangat sulit mengakses sumber dana yang diberikan oleh pemerintah. Inilah tujuan akuntansi untuk UKM yang harus diketahui oleh pelaku UKM.

Laporan keuangan sangat jarang dimiliki oleh para pelaku UKM, hal ini disebabkan pelaku UKM yang tidak memahami cara membuat laporan tersebut. Namun, kini Anda bisa membuat laporan keuangan dengan mudah, yakni menggunakan software akuntansi online seperti Accurate Online (AOL). AOL akan membantu Anda sebagai pelaku UKM untuk membuat laporan keuangan yang bisa dilakukan dari smartphone Anda.

Sehingga kita mengetahui tujuan akuntansi pada UKM milik Anda. Tanpa adanya akuntansi, maka UKM milik Anda akan sangat sulit dalam mengembangkan usaha yang Anda jalankan dan melihat keuntungan serta kerugian yang dialami. Karena tidak adanya informasi keuangan mengenai keuangan yang Anda jalankan.

Tujuan akuntansi untuk UKM selanjutnya dapat digunakan sebagai pedoman untuk diberikan kepada pihak eksternal perusahaan seperti investor dan pemerintah. Hal ini dilakukan agar UKM yang Anda jalankan bisa mudah dalam mendapatkan suntikan modal usaha yang lebih banyak lagi untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki.

Share With:
Rate This Article