a

Usaha fashion, Bisnis Tak Ada Matinya

Usaha fashion sepertinya menjadi usaha yang tidak ada matinya. Hal itu terlihat dari semakin banyak pengusaha-pengusaha baru di bidang fashion. Belum lagi kita sering menemukan bazar-bazar fashion seperti Jakcloth dan sebagainya. Setiap terdapat acara tersebut jumlah pengunjung selalu meningkat dari tahun ke tahun dan keuntungan outlet bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta, padahal ajang umumnya diselenggarakan hanya satu minggu.

Diluar itu, Anda mungkin pernah pergi belanja ke pasar Tanah Abang, atau Pasar Jatinegara. Coba Anda perhatikan berapa ratus ribu orang yang datang ke Tanah Abang dan Jatinegara hanya untuk berbelanja. Dan yang belanja adalah para pedagang dari luar daerah lho. Mereka selalu belanja bisa puluhan hingga ratusan juta.

Dengan melihat hal tersebut, terdapat potensi yang cukup besar di bisnis fashion. Fashion menjadi pilihan banyak pengusaha-pengusaha pemula untuk menjadi salah satu usaha awal mereka. Karena memang cukup banyak penggemar fashion di Indonesia.

Coba saja Anda ingat-ingat, pernahkah Anda bepergian ke suatu kota tertentu? Saat Anda ke kota tersebut, pasti Anda akan mencari baju yang memiliki tulisan khas dari daerah yang Anda kunjungi. Nah ini adalah salah satu bisnis fashion di daerah yang cukup hidup. Kita bisa melihat bagaimana pengusaha-pengusaha fashion daerah bisa berhasil dalam melakukan promosi dan menghasilkan untung yang luar biasa.

Namun saat ingin memulai usaha fashion, banyak calon-calon pengusaha yang bingung ingin memulai bisnis fashion apa yang masih menggiurkan hingga saat ini. Ada beberapa tips yang harus Anda cermati agar bisnis pakaian Anda bisa berhasil.

Kreatifitas

Saat Anda ingin memulai bisnis fashion, hal terpenting adalah kreatifitas. Kreatifitas ini sebenarnya bukan hanya digunakan dalam bisnis fashion. Tetapi semua lini bisnis memerlukan kreatifitas. Dari kreatifitas inilah maka kita akan mendapatkan konsumen yang fanatik dengan produk-produk milik Anda.

Strategis

Ketika membangun bisnis, maka Anda disarankan untuk memasangkan strategi-strategi yang paling tepat agar bisnis Anda bisa berjalan jangka pendek maupun jangka panjang. Strategi ini juga harus Anda terapkan dalam bisnis fashion, karena bisnis fashion saat ini cukup bersaing. Jika Anda salah menerapkan strategi, maka Anda akan kalah dalam persaingan.

Psikologis

Dalam membangun bisnis fashion, Anda harus bisa memainkan psikologis calon konsumen Anda. Karena usaha fashion harus memainkan peran psikologis seseorang ketika mereka pertama kali melihat produk Anda.

Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan adalah dalam permainan warna, kata-kata, dan gambar. Anda bisa belajar dari kaos asal Yogyakarta, Dagadu yang bisa mempermainkan psikologis konsumen-konsumennya dengan kata-kata yang mereka letakan pada produk-produk mereka. Inilah salah satu cara memanfaatkan psikologi.

Tiga hal diatas menjadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin membangun bisnis fashion. Selain itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis fashion Anda bisa sukses dan diterima masyarakat. Terutama beberapa model fashion yang mungkin cukup mudah menemukan pasarnya.

Bisnis Fashion yang Cukup Laku Di Indonesia

Distro

Jika Anda ingin mengambil pasar fashion anak muda, maka salah satu yang paling cocok adalah bisnis distro. Hingga saat ini bisnis distro selalu tumbuh, dan tidak pernah redup bahkan mati. Sepertinya distro memang memiliki konsumen sendiri yang tidak pernah ada matinya.

Bisnis distro yang menyasar anak muda ini memang selalu hidup dan selalu menjadi incaran anak-anak muda yang fashionable dan selalu ingin tampil mengikuti tren yang ada. Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis distro ini.

Pakaian Muslim

Pakaian muslim pun menjadi usaha fashion yang tak pernah mati. Anda bisa melihat produk-produk seperti Rabbani, El-Zatta, Al-Mia, dan sebagainya yang hingga saat ini memiliki konsumen yang cukup banyak dalam produk mereka. Hidupnya bisnis pakaian muslim di Indonesia tak terlepas dari jumlah masyarakat muslim sekitar 90 % dari penduduk Indonesia. Inilah yang menjadi salah satu fashion muslim tidak pernah ada matinya.

Pakaian Sport

Pakaian sport pun menjadi salah satu fashion yang tidak pernah ada matinya di Indonesia. Bisnis ini selalu menjanjikan. Anda bisa berjual jersey dan jaket klub sepak bola, sepatu, topi, syal, dan sebagainya menjadi pilihan Anda untuk memulai bisnis yang bisa Anda jalankan pertama kali dalam memulai bisnis fashion sport.

Pakaian Bayi dan Anak-Anak

Ketika ingin memulai usaha pakaian, coba juga Anda lirik pakaian bayi dan anak-anak. Karena fashion tersebut menjadi pasar yang menjanjikan bagi sebagian besar pengusaha yang bisa melirik peluang disini. Anda bisa memperhatikan, bagaimana ketika orang yang sedang hamil, mereka sudah menyiapkan pakaian mulai dari baju, bedong, dan sebagainya untuk anak-anak mereka.

Tentunya ini bisa Anda janjikan menjadi pasar yang cukup luas untuk Anda sasar dalam memulai bisnis fashion. Anda bisa mencoba untuk melihat peluang bisnis yang satu ini untuk memulai bisnis pada usaha fashion yang ingin Anda jalankan.

Itulah beberapa jenis usaha fashion yang tidak ada matinya. Mungkin Anda yang belum mampu melakukan produksi, bisa memulai bisnis fashion dengan berjualan. Pilihlah supplier yang menurut Anda layak untuk diajak kerjasama. Atau Anda bisa berbelanja secara grosir di pasar-pasar pakaian yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Saat ini untuk memulai bisnis online, tak perlu memikirkan tempat. Jika Anda memang tidak memiliki modal untuk tempat. Maka Anda bisa mencoba untuk memulai berjualan fashion melalui online. Anda bisa mencoba meposting produk-produk yang Anda jual melalui marketplace yang ada. Maupun memulai usaha melalui Instagram. Anda bisa melihat cukup banyak pengusaha yang hanya berjualan di Instagram dan mereka berhasil hingga sukses.

Salah satu kesuksesan dalam mengelola bisnis fashion adalah manajemen keuangan. Meskipun usaha Anda baru dimulai, Anda harus melakukan pencatatan akuntansi sederhana untuk bisnis Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate untuk membantu keuangan Anda. Apa lagi Accurate bisa Anda gunakan dari smartphone, sehingga Anda bisa mengelola keuangan bisnis dari genggaman Anda.

Share With:
Rate This Article