Solusiukm
15 Usaha untuk Karyawan Pabrik, Dengan Modal Kecil Untung Melimpah
Bisnis

15 Usaha untuk Karyawan Pabrik, Dengan Modal Kecil Untung Melimpah

Aksi hari buruh telah berlalu. Kini, buruh kembali beraktivitas seperti biasa. Masuk kantor atau bekerja di pabrik masing-masing. Buat kamu yang saat ini masih menjadi buruh di pabrik, kamu harus berpikir untuk memiliki usaha. Dengan memiliki usaha, kamu bisa meningkatkan pendapatan yang kamu punya dan tidak hanya bergantung pada gaji saja. Apa saja usaha untuk karyawan pabrik.

Kalo kamu memang sudah memiliki pemikiran untuk memulai usaha. Tetapi kamu belum memiliki ide usaha, tim solusiukm akan memberikan kamu ide usaha beserta peluang usaha yang bisa kamu lakukan, meskipun kamu masih menjadi buruh kamu tetap bisa menjalankan beberapa ide dan peluang usaha yang bisa kamu coba lakukan loh.

Jenis Usaha yang Cocok untuk Buruh atau Karyawan

Jual Pakaian

Kalo kamu di perusahaan atau di Pabrik jual pakaian sepertinya cocok untuk dilakukan. Kamu bisa menawarkan produk-produk pakaian yang kamu jual kepada teman-teman terdekat dahulu. Setelah itu, kamu tawarkan kepada teman-teman yang berbeda ruangan maupun beda divisi. Tawarkan saja kepada mereka, jika memang cocok mereka pasti akan membelinya dari kamu.

Jual pakaian adalah salah satu jenis usaha yang mudah untuk dilakukan oleh seorang karyawan ataupun seorang buruh. Hampir semua orang membutuhkannya, apa lagi jika kamu menjualnya kepada karyawan juga. Biasanya mereka malas belanja, karena di hari libur lebih memilih untuk beristirahat dibandingkan harus keluar rumah untuk belanja. Disinilah peluang untuk menawarkan produk yang kamu jual.

Baca juga: Tajir Melipir! 10 Selebgram Terkaya Di Indonesia Dengan Penghasilan Ratusan Juta Per Bulan

Jualan Pulsa & Paket Data

Hampir semua orang saat ini membutuhkan pulsa dan paket data untuk berselancar di dunia maya. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha di kantor atau pabrik tempat kamu bekerja. Saat ini berjualan pulsa pun sangat mudah dilakukan, yang penting kamu hanya memiliki sebuah smartphone saja.

Selebihnya kamu cukup membeli kepada distributor pulsa yang menyediakan pulsa seluruh operator di Indonesia. Sehingga cukup mudah untuk kamu lakukan bahkan jualan pulsa bisa dilakukan dengan modal minim loh. Mungkin hanya dengan Rp 500 ribu saja kamu sudah bisa memiliki usaha pulsa.

Buka Loket Pembayaran PPOB

Payment Point Online Bank (PPOB) adalah salah satu sistem pembayaran online satu pintu. Kenapa satu pintu? Karena hanya dengan satu sistem, kamu bisa menawarkan berbagai jenis pembayaran. Usaha yang satu ini bisa menjadi usaha yang cocok untuk karyawan dan buruh. Pastinya semua teman-teman di kantor membutuhkan ini.

PPOB menyediakan beberapa jenis pembayaran listrik, telepon, pembayaran kredit kendaraan, dan PDAM serta banyak lagi. Kamu yang ingin membuka loket pembayaran PPOB tak perlu memiliki toko fisik. Sekarang sudah cukup banyak sistem yang hanya menyediakan peluang usaha pembayaran PPOB cukup dengan mendaftar dan membayar sistem tersebut. Sistem PPOB bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone loh.

Menjual Makanan

Kamu pinter masak? Kenapa tidak dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah peluang usaha yang cocok untuk karyawan atau buruh. Menjual makanan untuk sarapan, makan siang, atau cemilan bisa menjadi pilihan kamu para buruh yang ingin berwirausaha dan menentukan peluang untuk mendapatkan uang tambahan. Sehingga kamu tidak hanya mengharapkan pemasukan hanya dari gaji. Kali-kali hobi yang kamu suka dijadikan sebagai peluang usaha. Itu akan sangat menyenangkan bukan?

Jualan Online

Daripada hanya jadi konsumen terus-menerus, kenapa gak coba jadi pedagangnya langsung? Kan lumayan, biasanya hanya membeli sekarang menjual. Pasti akan mengasyikan buat kamu yang ingin mencoba jualan online.

Bingung mau jual apa? Apa saja yang memang pasarnya bagus, bisa kamu coba untuk dijadikan peluang usaha yang cocok untuk karyawan atau buruh. Kamu bisa menjual pakaian, spare part kendaraan, jual properti, hingga jual beli kebutuhan rumah tangga pun bisa dilakukan secara online? Lumayan untungnya bisa kamu jadikan tambahan modal usaha.

Jual Properti

Jual properti? Gak punya modal. Kata siapa jual properti harus pake modal? Kalo kamu mau membantu teman kamu yang mau menjual rumah atau tanahnya, kamu tawarkan diri saja untuk jadi perantara. Kamu bisa mengambil keuntungan jual properti dari hasil penjualan. Kamu bisa membuat kesepakatan dengan teman kamu yang ingin menjual propertinya mengenai harga yang akan kamu tawarkan. Hal penting kalian semua bisa sama-sama untung dan tidak ada yang dirugikan satu sama lain.

Dengan menjual properti kamu bisa mengambil komisi dari satu rumah saja sekitar 5-10 % dari harga penjualan hasilnya kan lumayan. Jika berhasil, komisi yang kamu dapatkan bisa kamu putarkan kembali untuk modal usaha. Lumayan bukan?

Baca juga: Nyari Usaha Modal 3 Juta? Coba Jalankan 10 Usaha Berikut

Jual Beli Kendaraan

Mungkin usaha yang satu ini sangat cocok buat karyawan laki-laki. Tapi tidak menutup kemungkinan usaha ini bisa dilakukan oleh karyawan perempuan loh. Bagaimana dengan modal? sama dengan bisnis properti, untuk di awal mungkin kamu bisa mencoba dengan menjadi makelar terlebih dahulu. Kamu bisa menjual kendaraan milik teman, kerabat, atau tetangga terlebih dahulu.

Dalam jual beli kendaraan, kamu harus teliti. Sebab saat ini banyak orang yang menjual kendaraan tanpa surat-surat lengkap. Bisa jadi kendaraan tersebut hasil kejahatan, jadi sebelum menerima untuk membantu menjualkan, kamu harus tahu mengenai surat-suratnya terlebih dahulu.

Membuka Franchise

Punya sedikit uang nganggur? Kenapa tidak mencoba membuka franchise saja. Apa lagi usaha franchise bisa kamu serahkan ke orang lain. Kamu tetap bisa bekerja di tempat kamu sekarang. Bisnis franchise sangat cocok sebagai usaha untuk karyawan pabrik, karena usaha ini bisa kamu tinggalkan selagi bekerja.

Saat ini cukup banyak jenis-jenis franchise yang bisa kamu jalankan, mulai dari makanan, minuman, jasa, hingga berbagai jenis franchise lainnya. Pilihannya ada di tangan kamu. Yang seperti apakah yang kamu akan coba. Jadi gak usah berkecil hati kalau kamu tidak bisa berjualan loh.

Warkop atau Angkringan

Kedua usaha ini memang berbeda, tetapi kamu bisa melakukannya loh. Banyak karyawan pabrik yang memanfaatkan tabungan mereka untuk membuka usaha, salah satu usahanya yakni Warkop atau Angkringan. Apa lagi jika lokasi usaha kamu berada di dekat kampus atau kawasan industri, tentu akan sangat menguntungkan.

Pasti Kamu akan bertanya bagaimana mengelolanya? Buat kamu yang masih bekerja di pabrik apa lagi yang bekerja di pabrik dibagi shift, tentu akan sulit dalam mengelola bisnis satu ini. Karena kamu bisa menjalankan bisnis satu ini bersama rekan atau teman kamu. Jadi gak perlu takut, hal terpenting kamu bisa membagi hasil dengan adil. Agar terhindar dari hal-hal yang mungkin tidak kalian inginkan.

Jasa Cuci Kendaraan

Usaha lain yang mungkin bisa kamu jalankan dengan membuka usaha cuci kendaraan. Usaha ini cukup mengutungkan loh. Banyak orang yang sudah malas mencuci kendaraan mereka sendiri, dengan alasan capek, tidak ada waktunya, dan lebih memilih untuk menyerahkan kepada orang lain. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis yang memang layak untuk kamu jalankan

Tapi memang kamu lagi-lagi harus mengerjakan usaha satu ini dengan join bersama orang lain yang mampu mengelola bisnis satu ini. Sebab, kamu tidak mungkin mengerjakannya sendiri. Dan modal awal dalam membuka usaha ini tidak lebih dari Rp 10 juta loh, jika kamu sudah memiliki lokasi yang layak untuk dicoba.

Alat Pancing

Bermula dari hobi bisa jadi bisnis, salah satu bisnis atau usaha untuk karyawan pabrik dengan menjual alat-alat pancing. Memancing memang menjadi salah satu aktivitas yang cukup menjanjikan, mungkin selama ini kamu hanya menghabiskan uang untuk sekedar membeli alat pancing dan bayar pemancingan, kini waktunya kamu mencoba untuk bisa memanfaatkannya sebagai ladang uang.

Kamu bisa menjual alat-alat pancing baik secara online maupun offline. Dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Bukankah bisnis satu ini cukup menjanjikan dan menyenangkan buat kamu lakukan? Tunggu apa lagi, jangan kebanyakan menunggu.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Prospek Secara Online dengan Teknik Kekinian

Ikan Hias

Potensi ikan hias kembali naik daun beberapa tahun belakangan. Di dorong juga oleh banyaknya artis yang menyukai ikan hias. Baik itu ikan-ikan dengan harga terjangkau hingga harga fantastis. Ikan hias menjadi usaha yang menjanjikan. Meskipun sedang tidak tren, namun ikan hias tetap memiliki penggemar setianya loh. Jadi kamu tidak akan pernah kehabisan konsumen

Buat kamu yang mungkin masih memiliki lahan di sekitar rumah atau kamu bisa mencoba untuk memulai bisnis satu ini. Apa lagi jika kamu juga penyuka ikan hias, peluang satu ini cukup menjanjikan untuk kamu coba loh. Saat ini bisnis ikan hias sedang naik daun, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu usaha sampingan sebagai karyawan pabrik.

Tanaman Hias

Selain ikan, salah satu usaha untuk karyawan pabrik yang bisa dilakukan dengan menjual tanaman hias. Penggemar tanaman hias rata-rata adalah perempuan, dan menjadi komoditas ekonomi yang cukup menjanjikan untuk siapa saja yang mencobanya.

Untuk menjalankan bisnis satu ini harus dilakukan dengan perhitungan tepat agar terhindar dari kerugian. Kamu juga harus mengenal jenis tanaman apa saja yang bisa kamu jual dan tanaman apa yang tidak bisa kamu jual. Gimana tertarik untuk memulainya?

Tanaman Hidroponik

Punya lahan sempit tapi ingin menjual hasil pertanian? Sekarang tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba untuk memulai usaha tanaman hidroponik. Hidroponik adalah metode tanam dengan media air dengan menggunakan lahan yang seadanya. Hasil dari cocok tanam hidroponik juga cukup baik seperti menanam pada media tanah.

Aktivitas ini bisa menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang hingga kegiatan untuk mencari pemasukan tambahan disela-sela bekerja, hasilnya memang tidak bisa langsung kamu petik dalam waktu sebentar, melainkan kamu bisa hasilkan beberapa waktu ke depan. Hitung-hitung bisa dijadikan sebagai investasi.

Artikel Terkait

5 Cara Praktis Menurunkan Biaya Operasional untuk Bisnis UKM

marsha

Berkembangnya Fintech di Indonesia, Ancaman Bagi Bank Konvensional?

marsha

Harbolnas 12.12 Kemarin Gokil Banget! Yuk, Curi Triknya

marsha