a

Pertimbangan Membeli Usaha Waralaba, Serta Keuntungan dan Kekurangannya

Anda bingung ingin bisnis apa? Anda tidak memiliki ide bisnis, dan tidak memiliki konsep untuk bisnis yang ingin Anda jalankan. Ide dan konsep tidak punya tapi Anda ingin berbisnis, maka salah satu cara yang bisa Anda jalankan adalah dengan usaha waralaba atau usaha franchise. Usaha jenis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwirausaha tetapi sedang tidak memiliki ide dan konsep.

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui apa itu bisnis waralaba. Tetapi Anda tidak tahu apakah bisnis model franchise ini sangat menguntungkan atau tidak. Sebenarnya banyak bisnis waralaba yang cukup menguntungkan, buktinya saat ini cukup banyak orang-orang yang memulai usaha waralaba ini untuk menjadi pilihan bisnis mereka.

Apa lagi bisnis model franchise, tidak terlalu repot. Karena Anda cukup menyiapkan tempat usaha saja. Semua bahan baku, peralatan usaha, dan barang untuk usaha sudah disiapkan semua oleh pemilik. Anda tinggal menjualkan produk waralaba tersebut dan Anda bisa berbagi keuntungan.

Dengan berbisnis waralaba, maka Anda tidak perlu lagi membangun brand. Karena umumnya, brand yang ditawarkan oleh bisnis-bisnis waralaba sudah dikenal luas oleh masyarakat. Di Indonesia, mulai dari makanan, minuman, laundry, bengkel, hingga retail pun membuat bisnis waralaba.

Saat Anda ingin membangun sebuah bisnis waralaba, maka sebaiknya Anda segera mencari-cari lokasi, dan usaha franchise apa yang Anda ingin jalankan. Carilah bisnis waralaba yang memang sudah cukup terkenal di lokasi Anda akan berjualan. Banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis waralaba.

Pertimbangan Memulai Usaha Waralaba

Modal

Hal utama dalam memulai usaha yakni jumlah modal yang Anda miliki. Termasuk dalam memulai bisnis waralaba, Anda juga harus memikirkan berapa modal yang ingin Anda gelontorkan untuk membeli bisnis waralaba.

Semua lisensi dagang yang ditawarkan tidak semua berharga murah. Setiap lisensi memiliki harga yang berbeda-beda. Umumnya harganya mulai dari Rp 10 juta- Rp 1 miliar bahkan lebih. Semua tergantung pada jenis usaha yang Anda pilih, dan franchise yang dipilih franchise dari luar negeri atau dalam negeri. Tentunya franchise dari luar negeri dan dalam negeri memiliki konsep serta manajemen yang berbeda yang harus Anda pahamin.

Apakah Calon Konsumen Familiar Dengan Usaha Waralaba yang Anda Pilih

Saat Anda memilih bisnis franchise maka hal pertama yang harus Anda ketahui apakah bisnis tersebut dikenal oleh calon-calon konsumen Anda, atau hanya Anda yang mengenalnya. Hal ini penting, karena jika waralaba yang Anda coba tidak terkenal maka masyarakat tidak mau membeli produk yang Anda miliki.

Lokasi Usaha

Tentunya lokasi usaha untuk Anda memulai waralaba harus Anda pikirkan. Karena lokasi sangat menentukan apakah konsumen Anda mengenal merek waralaba yang Anda jual atau tidak. Jika di tempat Anda berjualan, masyarakat tidak mengenal produk Anda maka sama saja bohong Anda memulai usaha, karena sama saja Anda membangun brand di wilayah tersebut.

Harga Produk

Segmen konsumen dan tempat usaha sebenarnya juga menentukan produk yang Anda jual. Jika Anda menjual produk dengan harga untuk kelas atas, maka usaha Anda tidak akan cocok jika berada di lokasi kelas menengah. Harga akan menentukan siapa segmen konsumen yang Anda miliki. Hal ini harus Anda pertimbangkan juga.

Mengetahui Rekam Jejak Perusahaan Waralaba

Hal ini penting, bagaimana legalitas perusahaan waralaba tersebut. Sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri, dan sudah berapa lama usaha waralaba sudah di mulai pada usaha tersebut. Bagaimana gerai-gerai waralaba yang ada. Apakah mereka mendapatkan keuntungan sesuai dengan keinginan atau tidak.

Manajemen Perusahaan

Saat Anda ingin mendaftarkan diri untuk membeli lisensi suatu produk yang di waralabakan, maka Anda harus mengikuti sistem perusahaan. Anda harus mengikuti peraturan yang sudah ada, Anda tidak dapat membuat peraturan sendiri. Saat Anda ingin memulai usaha waralaba, Anda sangat sulit menciptakan produk hasil karya Anda sendiri. Karena umumnya hal tersebut dilarang oleh pihak manajemen.

Konsisten

Dalam menjalankan setiap bisnis, maka langkah yang wajib Anda ambil setelah membeli lisensi adalah konsisten untuk menjalankan bisnis tersebut. Meskipun bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis waralaba, namun konsisten dalam membangun usaha waralaba sangat diperlukan bagi setiap pelaku bisnis.

Selain berbagai pertimbangan yang bisa Anda pilih dalam memulai usaha franchise, hal lain yang harus Anda ketahui sebelum memulai berbisnis franchise yakni kelebihan dan kelemahan dari bisnis model waralaba yang sudah ada.

Keuntungan

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari melakukan bisnis waralaba. Keuntungan ini akan menjadi pemicu Anda untuk terus mencari bisnis waralaba apa yang cocok untuk Anda. Sehingga mampu bersaing dan memulai usaha segera.

Sudah Memiliki Nama

Ketika Anda memulai usaha bisnis waralaba, maka Anda tidak perlu lagi untuk membangun brand. Umumnya bisnis waralaba sudah memiliki reputasi yang baik. Terutama waralaba-waralaba yang memiliki banyak cabang.

Masyarakat Telah Mengenal Brand

Salah satu keunggulan yang Anda dapatkan ketika memulai bisnis waralaba, masyarakat sudah mengenal produk yang Anda jual. Sehingga Anda tidak perlu mengenalkan bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa langsung memulai berjualan setelah membeli lisensi.

Manajemen Keuangan yang Sudah Rapih

Keuntungan lain yang Anda peroleh dengan memulai bisnis franchise adalah sistem manajemen keuangan yang sudah rapih. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan masalah keuangan yang telah dijalankan oleh perusahaan. Jika perusahaan waralaba yang sudah banyak digunakan, sistemnya sudah sangat rapih. Sehingga usaha franchise tinggal Anda fokuskan pada penjualan.

Kerjasama yang Sudah Terjalin Dengan Supplier

Umumnya pemilik waralaba telah menjalin kerjasama dengan para supplier. Misal Anda membeli usaha waralaba makanan, maka bahan baku telah disiapkan, dan setiap harinya akan ada supplier-supplier yang mengantarkan bahan baku ke tempat Anda.

Kekurangan

Selain ada kelebihan, tentunya usaha franchise memiliki kekurangan. Kekurangan ini sering terjadi pada bisnis-bisnis franchise yang sudah berjalan di Indonesia. Kekurangan ini akan terlihat setelah bisnis waralaba yang Anda beli sudah berjalan.

Tidak Dapat Dikendalikan Secara Penuh

Saat Anda membeli produk franchise, sudah tentu Anda tidak bisa melakukan inovasi dari produk yang ada. Karena setelah Anda membeli franchise, Anda sudah memiliki ikatan dengan pemilik. Sehingga yang mengendalikan franchise adalah pemilik franchise, dan Anda hanya tinggal mengikuti.

Biaya-Biaya Tak Terduga

Dalam memulai usaha waralaba, Anda akan menemukan biaya-biaya tak terduga yang muncul. Biaya-biaya ini awalnya tidak akan terlihat, namun setelah berjalan sekitar enam bulan hingga satu tahun akan ada biaya-biaya tak terduga, seperti biaya training yang dilakukan pemilik waralaba dan biaya lisensi tahunan yang harus dibayarkan oleh pembeli waralaba.

Sudah Memiliki Supplier

Ketika Anda sudah membeli usaha franchise, maka Anda tidak diperkenankan untuk membeli bahan baku kepada supplier yang tidak menjalin kerjasama dengan pemilik waralaba. Karena semua sudah ditanggung oleh pemilik waralaba.

Berbagi Keuntungan

Ketika usaha waralaba yang Anda jalankan sudah mendapatkan keuntungan, maka keuntungan tersebut tidak dapat Anda nikmati sendiri. Anda harus berbagi dengan pemilik waralaba, pembagian keuntungan ini sering disebut sebagai pembayaran royalti.

Itulah beberapa pertimbangan, keuntungan dan kelemahan dari memulai bisnis waralaba. Anda harus berpikir secara masak lagi ketika ingin memulai usaha franchise. Sering-seringlah bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam membangun franchise.

Jika Anda tidak ingin memiliki usaha franchise, namun Anda memiliki banyak rekan dan kerabat yang sudah memiliki UKM. Lebih baik Anda bergabung menjadi Accurate Digital Partner (ADP). ADP adalah reseller resmi produk-produk dari Accurate. Accurate merupakan software akuntansi yang sudah 20 tahun di Indonesia.

Dengan bergabung menjadi ADP, Anda tidak perlu membeli lisensi milik Accurate, Anda tidak harus membayar biaya pendaftaran, serta seluruh keuntungan akan menjadi milik Anda. Anda bisa mendapatkan komisi penjualan yang cukup besar hingga 20 % dari harga produk yang bisa Anda jual. Jika Anda tertarik, Anda dapat segera bergabung sebagai ADP.

Share With:
Rate This Article