a

Video Mall Ciledug yang Viral! Ada Apa Dibalik Itu?

Photo Source: Ciledug24jam

Sobat UKM tentu tahu mengenai sebuah video yang akhir – akhir ini sedang viral menyebar di sosial media – sosial media milik kalian bukan? Itu, tuh, video viral Mall Ciledug yang heboh banget. Hal itu bermula dari video Mall Ciledug dan viral, video tersebut merekam kehebohan dan masyarakat yang bebarengan sangat padat ramai, memasukin Mall Ciledug tersebut di area Karang Tengah, Tangerang, Banten tersebut.

 

Video Mall Ciledug viral tersebut langsung cepat menyebar ke berbagai akun sosial media, dan juga pada berbagai WhatsApp Group, bahkan ke media online maupun media elektronik. Hal ini tentu menggemparkan, karena mereka melakukan itu semua pada masa PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Dengan viral video Mall Ciledug tersebut membuktikan bahwa dengan dibukanya bisnis offline, masyarakat dapat menjadi ‘liar’ dan tidak memperdulikan larangan pemerintah atas bahayanya penyebaran Covid – 19 Corona yang masih dengan sulit ditangani oleh negara internasional.

 

Video Mall Ciledug yang viral tersebut, pertama kali diunggah pada sosial media Twitter. Pengunggah video viral Mall Ciledug tersebut adalah sebuah akun yang bernama @mbelgedez. Akun tersebut membeli judul video viral Mall Ciledug dengan tulisan “Ciledug mall dibuka…. Kamseupay….,”. Perlu diketahui, ‘kampseupay’ sendiri adalah sebuah singkatan cemooh. Kamseupay sendiri dipopulerkan pertama kali oleh seorang mantan aktris senior bernama Marissa Haque, yang mana kamseupay merupakan sigkatan dari ‘kampungan sekali uuuh payah’. Berikut adalah cuitan atau tweet dari akun @mbelgedez:

Fenomena mengenai Mall Ciledug viral ini pada alhirnya membuat banyak pihak ikut berkomentar. Salah satunya adalah Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia, atau biasa disingkat dengan APPBI yang bernama Stefanus Ridwan menjelaskan, bahwa pengelola dari Mall Ciledug yang videonya viral tersebut adalah salah satu dari anggotanya. Pada kesempatan kali ini, ia berusaha menjelaskan mengenai masalah sebenarnya dan mengapa pintu Mall Ciledug dibuka, sesuai dalam video viral tersebut.

“PSBB selesai hari Jumat, tapi baru disambung Senin (18/5), jadi Sabtu dia (Mal CBD Ciledug) buka, hari pertama sepi-sepi saja, pas hari Minggu, orang banyak tahu, akhirnya mengumpul di pintu masuk. Mau diatur nggak gampang, susah dicegah,” jelas Stefanus , dikutip melalui media CNBC Indonesia.

Ia kembali menjelaskan dengan sangat tegas, bahwa anggotanya memang membuka Mall Ciledug di luar jam dari pemberlakuan peraturan PSBB yang ada di area kotanya, yaitu kota Tangerang. PSBB pada area tersebut akan berakhir pada tanggal 15 Mei, namun peraturan tersebut diganti menjadi peraturan yang baru, yaitu diperpanjang hingga tanggal 18 Mei 2020. dengan diperpanjangnya peraturan PSBB tersebut, membuat fakta bahwa akan ada dua hari tanpa diberlakukannya peraturan PSBB. Dua hari tanpa PSBB tersebut akan berlaku secara resmi, yaitu tanggal  16 Mei 2020 hingga 17 Mei 2020 pada area kota Tangerang.

Memang, dari sisi pemerintah Kota Tangerang tersebut pun baru saja melakukan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar atau biasa disingkat dengan sebutan PSBB. PSBB tersebut akan kembali dimulai dari tanggal 18 Mei 2020 sampai 31 Mei 2020. Keputusan resmi pemerintah kota Tangerang yang berisi perpanjangan peraturan PSBB tersebut jelas resmi dalam Keputusan Wali Kota (Kepwal) Nomor 443/Kep 385-BPBD/2020.

Ia kembali menjelaskan, dikutip melalui Detik “Perpanjangan tahap kedua sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu terhitung sejak tanggal 18 Mei sampai dengan tanggal 31 Mei,”.

Tentu saja, dengan adanya kejadian tersebut, pasti akan ada individu yang melakukan perekaman dengan format video. Alhasil, video Mall Ciledug viral dan menjadi buah bibir masyarakat karena pada saat ini masyarakat seluruh dunia termasuk Indonesia sedang dilanda penyakit pandemi virus Covid – 19 Corona. Hal ini tentunya menuai kecaman yang tinggi dari masyarakat terutama mereka pelaku medis yang telah berjuang mati – matian.

Video Mall Ciledug yang viral membuahkan hasil buruk. Mall Ciledug yang semapt ramai dipadati oleh masyarakat yang ingin berbelanja tersebut, saat ini sudah disegel dan ditutup. Kepala Satpol PP dari area Kota Tangerang, yang bernama Agus Hendra memberikan pernyataan, bahwa berdasarkan pemeriksaan hasil tes yang ada di lokasi Mall Ciledug, ternyata didapati sejumlah hasil dan juga bukti akurat yang mengejutkan. Hasil dari tes tersebut menyebutkan bahwa ternyata pada video Mall Ciledug viral tersebut didapati pelanggaran yang dilakukan oleh pihak manajemen dari Mall Ciledug tersebut. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat Mall Ciledug terpaksa untuk ditutup. “Kita minta ke pengelola agar kios-kios beroperasi sampai dengan hari ini saja,” tegas Agus dalam sebuah pernyataan pada Detik.

Hal ini tentu sangat kita sayangkan ya Sobat UKM. Kita semua tahu bahwa bisnis sedang susah, namun semua orang sangat berharap jika pandemi virus ini dapat segera berakhir, dengan cara semua warga perlu patuh terhadap peraturan social distancing atau menjaga jarak pada setiap individu. Semoga masyarakat yang masih bandel seperti mereka bisa cepat menyadari dan tidak melakukan hal ini lagi yaa. 🙁

 

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Tips Paling Oke Membangun Bisnis Keluarga Part 2: - Solusiukm
May 26, 2020 15:19

[…] keberhasilan dan keberlangsungan dari bisnis keluarga milik orang tua kalian. Salah satunya adlaah dengan cara profesional membagi urusan pekerjaan dan urusan bisnis yang dimiliki. Kalian perlu tahu, lho, saat proses […]

trackback
WARNING: Jadwal Mall Buka di Jakarta Ternyata Bikin Galau! - Solusiukm
May 27, 2020 20:18

[…] perbelanjaan berjenis mall sebentar lagi akan siap dibuka operasionalnya untuk masyarakat umum. Jadwal mall buka di Jakarta sendiri akan dimulai pada tanggal 5 Juni 2020. Jadwal dari mall buka di Jakarta tersebut tentunya […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x