a

Viral Marketing, Cara Ampuh Promosi Bisnis Di Era Digital

Masyarakat modern selalu penasaran dengan beragam informasi terbaru yang sedang hits. Maklum saja, akses informasi kini semakin mudah karena bisa diperoleh melalui dunia maya. Fenomena tersebut wajib dimanfaatkan untuk mendukung kesuksesan bisnis. Salah satu teknik yang patut Anda manfaat adalah viral marketing.

Apa yang Dimaksud dengan Viral Marketing?

Viral marketing adalah suatu strategi pemasaran yang mengandalkan penyampaian pesan dari satu orang ke orang-orang lainnya. Informasi yang terus menyebar tersebut akan membuat banyak orang semakin pemasaran terhadap suatu produk atau jasa.

Sehingga rasa penasaran tersebut mendorong peningkatan omzet bisnis. Orang-orang yang penasaran akan tergugah untuk langsung mencoba produk atau jasa yang sedang tren. Namun terkadang, orang yang sudah melihat tidak langsung mencoba. Melainkan mereka akan mencoba mencari tahu mengenai produk/jasa tersebut.

Peran Penting Media Sosial untuk Menyebarkan Konten Viral

Dahulu, orang lebih familiar dengan istilah promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth. Namun kini peran media sosial dianggap memiliki andil besar untuk menyebarkan konten viral. Sesuatu yang bersifat unik dan baru biasanya membuat masyarakat tertarik untuk membagikannya di media sosial.

Hanya dengan meng-klik tombol share, informasi tersebut akan tersebar melalui timeline media sosial. Hingga akhirnya konten tersebut tergolong viral bila sudah dibagikan oleh ribuan pengguna media sosial.

Penyebaran konten terkadang tidak dilakukan secara alami. Melainkan dilakukan secara bertahap dengan berbagai strategi yang tepat. Karena saat ini, tidak semua orang dengan mudah menyebarkan konten. Mereka akan melihat seberapa besar ketertarikan terhadap konten tersebut serta seberapa penting konten itu harus dibagikan. Cara inilah yang harus dipikirkan oleh pemilik brand.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Strategi Viral Marketing

Jika Anda ingin memanfaatkan konsep viral marketing untuk mendukung kesuksesan bisnis, berarti Anda wajib memperhatikan beberapa hal penting ini:

Menggunakan Media Sosial yang Tepat

Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Itulah sebabnya Anda wajib menggunakan media sosial yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, Youtube digunakan untuk mengunggah konten video dengan durasi cukup panjang. Sedangkan Facebook lebih tepat untuk membangun fanpage dan membagikan video yang sudah diunggah ke Youtube.

Lain pula halnya dengan Instagram yang digunakan oleh mayoritas generasi milenial. Para pengguna Instagram cenderung menyukai konten yang praktis dan terlihat artistik. Durasi video yang bisa diunggah maksimal hanya satu menit.

Dengan demikian, Anda wajib mengklasifikasikan konten marketing sesuai dengan media sosial yang tepat. Sehingga peluang untuk memperluas target pasar pun akan semakin besar. Dan pelanggan yang tertarget pun cukup besar.

Memanfaatkan Tren Konten yang Sedang Viral

Anda juga harus jeli memanfaatkan tren konten yang sedang viral untuk mendukung promosi bisnis Anda. Usahakan untuk mencari informasi trending topic secara rutin. Supaya Anda bisa mendapatkan inspirasi tentang konten yang berpotensi viral.

Anda juga dapat menghubungkan konten yang sedang viral dengan bisnis Anda. Misalnya, info pernikahan selebriti yang cocok dikaitkan dengan brand bisnis bertema kebutuhan pernikahan. Tentunya tidak semua informasi viral bisa Anda jadikan sebagai konten Anda.

Jangan Lupa Memakai Hashtag

Penggunaan hashtag akan mempermudah pencarian konten di media sosial. Itulah yang membuat Anda wajib menggunakan hashtag yang tepat. Supaya pengguna media sosial bisa mengakses informasi seputar bisnis Anda secara mudah.

Carilah informasi terlebih dahulu mengenai hashtag yang populer dan paling banyak dicari pengguna media sosial. Selanjutnya, Anda tinggal menggunakan beberapa hashtag tersebut secara konsisten.

Mengemas Konten dengan Meme

Para pengguna media sosial biasanya sangat menyukai konten-konten yang bernuansa humor. Jadi, tak ada salahnya bila Anda mencoba mengemas konten dengan meme. Sehingga proses marketing Anda tidak terkesan terlalu hardselling.

Akun-akun media sosial yang populer biasanya tidak segan mengunggah konten meme yang bersifat softselling dengan tujuan menghibur para followers-nya. Ini menjadi salah satu cara yang bisa membantu bisnis Anda sukses.

Konten Emosional

Customer atau bisa dikatakan masyarakat terkadang sangat senang dengan konten-konten emosional. Perhatikan saja konten-konten iklan khas negeri Gajah Putih yang selalu menyindir sisi kemanusiaan. Membuat konten tersebut mudah di terima masyarakat dan menjadikan konten tersebut viral.

Beberapa brand di Indonesia, sudah ada yang berani membuat konten-konten menyentuh sisi kemanusiaan dan menjadi satu cara yang bisa diunggulkan dalam membuat konten menjadi viral. Ini bisa menjadi salah satu ide bagus untuk bisa membuat konten viral.

Mulai sekarang, sebaiknya Anda segera memaksimalkan penggunaan akun media sosial bisnis. Manfaatkan konsep viral marketing untuk mendukung kesuksesan bisnis. Rasakan manfaatnya yang berpengaruh besar terhadap peningkatan omzet bisnis Anda.

Share With:
Rate This Article