Solusiukm
Bisnis

Wah, Bisnis Tanaman Sekarang Makin Hits Karena Covid, lho!

Bisnis tanaman saat ini menjadi salah satu topik perbincangan banyak kalangan. Hal ini disebabkan karena bisnis tanaman menjadi salah satu sektor bisnis yang banyak dicari. Masa pandemi yang diakibatkan Covid – 19 Corona seperti sekarang membuat banyak orang sangat mebatasi kegiatan mereka di luar rumah. Karena meningkatnya waktu yang dihabiskan untuk berada di rumah, masyarakat kini mulai mencari cara agar waktu yang dihabiskan di rumah dapat diisi dengan kegiatan – kegiatan menyenangkan, dan mungkin berguna untuk pikiran dan juga kesehatan mental.

 

Salah satu kegiatan yang bisa dihabiskan di rumah dan sekaligus memberi manfaat yang besar, adalah kegiatan bercocok – tanaman. Dengan memiliki kegiatan atau merawat tanaman, masyarakat bisa mendapat kelebihan – kelebihan yang didapat dari bercocok – tanaman. Beberapa diantara kelebihan dari merawat tanaman adalah rasa relaksasi. Secara alamiah, manusia memang membutuhkan unsur – unsur alam dan tanaman merupakan salah satu cara mudah, murah, dan prkatis untuk mendapatkannya. Proses – proses tanaman dari bibit, hingga tumbuh, atau yang mulanya membeli tanaman yang sudah cukup besar, lalu menunggu, memberi pupuk, dan menyiramnya hingga tumbuh tanaman – tanaman kecil baru juga dipercaya bisa membawa kesenangan bagi sang penanam atau orang yang merawat tanaman tersebut. Banyak juga yang membeli tanaman dikarenakan hobi mereka untuk merawat berbagai macam tanaman sehingga pada saat pademi, mereka akan lebih sering untuk membeli berbagai jenis tanaman yang dijual di pasaran. Hal ini yang membuat tanaman menjadi peluang bisnis cemerlang untuk dikerjakan, bukan?

 

Atas semua faktor – faktor tersebut yang pada akhirnya membuat bisnis tanaman menjadi sesuatu yang menguntungkan. Bisnis tanaman saat pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini menjadi sesuatu yang sering dicari masyarakat. Tentunya dengan menjalankan bisnis tanaman, bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin mencari bisnis tambahan setelah mendapat pemutusan hubungan kerja pada kantor sebelumnya, atau sekedar mencari bisnis lain agar mendapat pemasukan.

  • Jenis – jenis tanaman yang jadi bisnis

Untuk┬ábisnis tanaman tentu kalian perlu menelusuri langkah awal untuk memulai. Dalam memulai sebuah bisnis tanaman, kalian perlu mempelajari jenis – jenis tanaman yang ada, dan jangan lupa jenis -jenis tanaman yang sedang hits disukai oleh masyarkat. Lingkup yang memang masuk dalam kategori bisnis tanaman adalah tanaman yang masih dalam bentuk bibit, tanaman yang sudah jadi dan masuk dalam tanaman hias, dan juga jenis sarana produksi pertanian atau biasa juga dikenal dengan sebutan saprotan pada tanaman.

  • Bibit tanaman

Salah satu jenis bisnis tanaman yang biasa dijual pada usaha tanaman adalah menjual bibit tanaman. Hal ini umum ditemukan pada bisnis tanaman yang ada. Hal ini disebabkan karena konsumen banyak sekali mencari bibit – bibit tanaman pada sebuah bisnis tanaman yang ada. Umumnya, jenis bibit – bibit tanaman yang dijual adalah bibit jenis tanaman hias, atau tanaman bunga, dan juga tanaman yang berbuah atau juga tanaman yang menghasilkan sayur – mayur.

 

Karena banyaknya jenis bibit – bibit tanaman yang ada dan yang diminati oleh masyarakat, kalian sebagai pelaku bisnis tanaman perlu mencari tahu ilmu dan pengetahuan terkait tanaman – tanaman yang akan kalian jual. Jika kalian mersa terlalu leltih karena jenis bibit tanaman yang banyak, kalian bisa melakukan spesifikasi seperti hanya menjual bibit tanaman bunga, contohnya. Dengan hanya memilih satu jenis bibit tanaman untuk dijual, diharapkan kalian sebagai pelaku bisnis tanaman bisa lebih fokus dan spesialis juga ahli dalam suatu jenis bibit tanaman tertentu. Untuk menjadikan kalian lebih spesial sebagai pelaku bisnis tanaman, jangan lupa jual jenis pilihan bibit tanaman yang lengkap pada lingkup tertentu. Sebagai contoh, jika kalian memilih untuk menjual bibit tanaman bunga, sediakan bibit – bibit tanaman bunga yang lengkap, dari tanaman Mawar, tanaman Anggrek, dan bibit tanaman bunga lainnya. Dengan cara ini, bisnis tanaman kalian akan menjadi lebih spesialis dibanding pelaku bisnis tanaman yang lainnya.

  • Menjual tanaman jadi

Jenis selanjutnya yang bisa kalian jual pada bisnis tanaman milik kalian, tentunya dengan menjual tanaman yang sudah jadi atau tanaman sudah tumbuh berkembang. Untuk menjual tanaman yang sudah setengah jadi atau justru sudah berkembang seperti ini, kalian perlu dengan teliti untuk update ilmu mengenai tanaman dengan rinci. Hal ini disebabkan tidak semua tanaman bisa diperlakukan dengan asal – asalan, lho. Jika salah perlakuan, bisa – bisa tanaman yang jadi tersebut bisa layu dan mati. Bisnis tanaman yang menjual jenis tanaman jadi ini juga harus memperhatikan tanaman apa yang sedang tren dan disukai oleh konsumen – konsumen. Bisnis tanaman jenis ini juga perlu tahu akan pengetahuan mengenai apa media tanam yang cocok dengan tanaman tersebut, cara merawat tanaman – tanaman, dan juga mengenai hama yang sering mengganggu tanaman yang perlu untuk dibasmi secara menyeluruh. Jangan lupa juga untuk pelaku bisnis tanaman tahu persis bagaimana menata bisnis tanaman milik mereka agar dari luar terlihat menarik, estetik, sehingga konsumen tertarik untuk membeli tanaman – tanaman kalian.

 

Jika dikerjakan dengan serius, bisnis tanaman tentu akan bisa menghasilkan pemasukan yang baik terutama pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini. Kami tahu, dalam menjalankan bisnis pada masa krisis pandemi seperti saat ini tentu merupakan tantangan yang tidak mudah dihadapi. Untuk itu, baca BUKU – BUKU GRATIS dari Solusi UKM agar bisnis kalian bisa bertahan saat pandemi. Klik banner di bawah, yaaa. Sssst, ini BUKAN SPAM, kok.

Artikel Terkait

Wow! Bisnis Charge dan Nasi Padang LARIS Pas Banjir!

marsha

Sesering Apa Anda Harus Memberikan Promo Diskon?

admin

Mcd Sarinah VS Gedung Sarinah. Berantem?

marsha