a

Wahai Ibu Rumah Tangga, Sebelum Memulai Bisnis Online Perhatikan Hal-Hal ini

Berdagang saat ini menjadi pilihan para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak sekali cara ibu rumah tangga untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya dengan bisnis online. Tetapi banyak ibu rumah tangga yang tidak mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis online. Padahal ini penting demi suksesnya berbisnis online.

Bisnis online menjadi pilihan bagi para ibu-ibu rumah tangga untuk menambah uang belanja mereka. karena bisnis online bukanlah bisnis yang sulit dan bermodal besar, dengan modal kurang dari Rp 1 juta pun siapapun sudah bisa memulai bisnis online. Sebab, bisnis online mudah sekali dilakukan dan tentunya tak membutuhkan modal besar.

Para ibu yang memiliki bisnis saat ini tidak hanya menawarkan produk yang ia jual kepada tetangga saja, atau kerabat terdekat saja. Tetapi konsumen para ibu-ibu rumah tangga yang berbisnis online bisa siapa saja, bahkan orang yang tinggal di pelosok desa bisa menjadi salah satu konsumen ketika berbisnis secara online.

Sebelum memulai bisnis online, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika memulai bisnis online. Jangan sampai, bisnis online kamu tidak berjalan dengan baik.

Mengapa Bisnis Online Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga?

Bisnis online adalah bisnis yang mudah dilakukan, mengapa ibu-ibu rumah tangga cocok dengan bisnis online? Karena bisnis online dilakukan tanpa menganggu aktivitas rumah tangga. Bisnis ini bisa dilakukan secara sambilan, dan ketika Anda sudah dalam kondisi yang tidak sibuk mengurusi rumah tangga.

Misal Anda bisa fokus dengan bisnis Anda setelah selesai memasak dan mencuci pakaian. Misal Anda akan fokus berbisnis di pukul 10.00 WIB. Lalu Anda lanjutkan kembali setelah jam makan siang? Mudah bukan?

Meskipun bisnis online terhitung bisnis yang mudah, tetapi Anda pun harus memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan bisnis online, selain harus melek teknologi ada hal dasar yang harus diketahui dan penting untuk dipahami. Sehingga bisnis Anda berhasil menjalankan bisnis online.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbisnis Online

Memiliki Gadget

Modal utama untuk memulai bisnis online adalah memiliki gadget, jika Anda tidak memiliki gadget sangat sulit bisa melakukan bisnis online. Untuk itu modal utama dalam memulai bisnis online, Anda harus memiliki gadget.

Jika Anda menggunakan smartphone, maka gunakanlah smartphone minimal dengan spesifikasi yang mumpuni untuk melakukan bisnis online. Misal kapasitas RAM, memori untuk menyimpan berbagai foto produk yang akan Anda jual, serta mumpuni ketika membuka berbagai media sosial. Ketiga spesifikasi tersebut harus benar-benar Anda perhatikan.

Gadget selain berfungsi untuk melakukan aktivitas posting gambar dan menawarkan produk, gadget menjadi salah satu alat komunikasi antara Anda dengan si pembeli. Jangan sampai Anda hanya memberikan kontak email saja, apa lagi jika Anda jarang membuka email. Akan sangat sulit untuk menjalin komunikasi dengan konsumen dan calon konsumen Anda.

Pastikan Apa yang Mau Dijual

Selain handphone, hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online produk atau jasa apa yang akan di jual. Jangan sampai ingin berbisnis online tapi tidak tahu mau jualan apa. Hal penting dalam bisnis online adalah produk yang akan Anda jual benar-benar produk yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Selain produk, pada tahap awal fokuslah dalam menjual satu jenis produk saja. Misal Anda menjual hijab, maka hingga bisnis Anda berhasil, fokuslah pada hijab terlebih dahulu. Untuk pemula jangan menjual berbagai jenis produk. Misal Anda jual hijab, dan aksesoris bayi. Sebab hal itu hanya akan menyulitkan Anda dalam memulai bisnis online. Usahakan Anda fokus pada satu jenis produk dahulu hingga bisnis Anda benar-benar berhasil.

Berikan Informasi beserta Gambar yang jelas

Karena Anda ingin berbisnis online, dan produk yang Anda jual tidak dipegang serta tidak dilihat langsung oleh calon konsumen. Maka Anda diwajibkan untuk memberikan informasi beserta gambar yang jelas mengenai setiap deskripsi dan foto produk. Jangan sampai Anda tidak memberikan gambar dan informasi yang jelas kepada calon konsumen. Sebab, hal itu tidak akan membuat calon konsumen Anda tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Informasi dan gambar adalah salah hal penting untuk mendeskripsikan sebuah produk yang dijual secara online. Tanpa informasi dan gambar tersebut Anda akan sangat sulit dalam menjual produk  kepada setiap calon pembeli. Usahakan berikan informasi sedetail mungkin, baik itu jenis warna, jenis bahan, dan ukuran produk secara detail.

Buat Akun Di Marketplace

Saat ini banyak pengusaha online yang menjajakan dagangannya di marketplace. Jika Anda memang ingin membuka bisnis di marketplace, sudah seharusnya Anda membuat akun di marketplace. Memiliki akun di marketplace berpotensi mendapatkan konsumen lebih luas dan lebih besar. Karena calon konsumen bersumber dari berbagai daerah, bukan hanya dari satu daerah itu saja.

Berbeda jika Anda hanya berjualan via facebook, dan WhatsApp saja. Karena calon konsumennya adalah orang-orang yang itu-itu saja. Berbeda dengan berjualan di marketplace, calon konsumen Anda akan berbagai macam dan berbagai karakter orang, serta berasal dari mana saja.

Buat Akun Media Sosial

Selain akun di marketplace, hal lain yang harus Anda perhatikan dalam bisnis online adalah membuat akun media sosial. Saat ini akun media sosial yang cocok digunakan untuk bisnis online adalah facebook dan Instagram.

Kedua medsos tersebut merupakan medsos yang cocok digunakan untuk berbisnis online. Karena peluang mendapatkan calon-calon pembeli cukup banyak, dan Anda bisa sekaligus memajang berbagai foto produk yang Anda jual.

Kelima hal itu harus Anda perhatikan ketika akan memulai bisnis online. Jangan sampai, Anda tidak memiliki kelima hal di atas. Karena akan menyulitkan Anda dalam memulai usaha online. Saat ini bisnis online merupakan bisnis yang cocok untuk para ibu rumah tangga. Jadi jangan sampai, Anda tidak memulai bisnis online saat ini juga.

Share With:
Rate This Article