a

Wajib Tahu! 5 Pekerjaan yang Bisa Mengasah Skill Bisnis

Keputusan untuk merintis bisnis memang harus direncanakan secara matang. Sebelum Anda benar-benar berbisnis, Anda bisa bekerja terlebih dahulu. Karena bekerja tak hanya mempermudah Anda dalam mengumpulkan modal, tetapi juga memberikan banyak ilmu bisnis.

Berbisnis memang harus dilakukan dengan meng-upgrade skill dan ilmu dahulu. Beberapa pekerjaan dibawah ini bisa Anda jadikan peluang untuk mendapatkan ilmu dan skill bisnis Anda. Meskipun skill bisnis tidak hanya di dapatkan dari lima pekerjaan ini, namun semua pekerjaan bisa dilakukan.

Kalau Anda ingin belajar berbisnis saat masih bekerja dengan orang lain, jangan ragu menekuni bidang pekerjaan berikut ini:

Sales Marketing

Semua bisnis membutuhkan sales marketing sebagai tenaga penjualan. Jika Anda bekerja sebagai staf sales marketing, Anda akan mempelajari banyak ilmu mengenai teknik menjual dalam bisnis. Bisnis yang besar membutuhkan teknik marketing yang memadai. Sehingga bisnis tersebut bisa mencapai target penjualan yang sudah direncanakan. Ilmu marketing terus berkembang seiring berjalannya waktu. Jadi, staf sales marketing selalu punya kesempatan mempelajari teknik bisnis yang baru.

Finance

Tak sedikit bisnis yang mengalami kegagalan karena proses pengelolaan keuangan yang keliru. Oleh sebab itu, Anda wajib menguasai kemampuan untuk mengelola keuangan secara efektif. Anda bisa mempelajari cara mengelola keuangan bila bekerja sebagai staf finance terlebih dahulu. Supaya Anda semakin cermat mengatur alur keuangan bisnis di kemudian hari.

Sekarang, proses pengelolaan keuangan bisnis juga semakin mudah dengan Accurate Online. Banyak sekali fitur bermanfaat pada Accurate Online yang bisa Anda gunakan dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Bahkan, sistem Accurate Online dapat diintegrasikan dengan internet banking untuk melakukan rekonsiliasi bank. Perpaduan ilmu keuangan dan penggunaan software canggih akan membuat pengelolaan bisnis semakin praktis.

Apa lagi Accurate Online merupakan software pembukuan yang sangat cocok digunakan oleh bisnis UMKM. Meskipun bisnis Anda masih skala kecil, Accurate Online tetap bisa membantu dalam mengelola keuangan bisnis. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual. Cukup dengan satu aplikasi, Anda bisa melakukan segala tahapan akuntansi bisnis.

Customer Service

Seorang staf customer service harus senantiasa bersikap profesional ketika berhadapan dengan pelanggan. Selain itu, staf customer service juga harus benar-benar menguasai product knowledge dengan baik. Teladan inilah yang membuat ilmu customer service penting bagi bisnis Anda di masa mendatang. Jika Anda menguasai ilmu tentang customer service, Anda pasti lebih sabar menghadapi pelanggan yang karakternya berbeda-beda. Setiap pelanggan bisnis membutuhkan perlakuan yang beragam sesuai kebutuhannya. Customer service juga harus mampu memberikan service after sales yang berkualitas demi mempertahankan reputasi bisnis.

Public Relation

Cakupan ilmu public relation dalam bidang pekerjaan kini memang semakin luas. Anda bisa bekerja sebagai account executive, social manager, atau executive director jika ingin mempelajari ilmu tersebut. Karena pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang memang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Proses komunikasi yang berlangsung efektif akan memberikan efek persuasif yang maksimal. Tentu saja hal tersebut bermanfaat untuk memotivasi para pekerja atau membuat calon pelanggan tertarik dengan bisnis Anda. Ilmu public relation modern yang diterapkan dalam bisnis harus berorientasi pada kebutuhan pelanggan.

Digital Content Strategist

Kesuksesan bisnis di masa kini tentu tak lepas dari peran ranah digital. Sebab semua bisnis tentu berlomba-lomba membentuk personal branding melalui internet. Itulah yang membuat pekerjaan sebagai digital content strategist penting untuk memperkuat jiwa bisnis Anda. Karena seorang digital content strategist pasti selalu up to date terhadap tren yang sedang digandrungi masyarakat.

Suatu bisnis akan berkembang dan mengungguli persaingan bila mampu mengikuti tren dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Strategi personal branding yang tepat melalui dunia maya akan memperkuat reputasi bisnis Anda secara signifikan.

Di antara kelima pekerjaan tersebut, manakah yang saat ini sedang Anda tekuni?

Bekerja dengan baik tak hanya membuat Anda berkesempatan menggapai karier cemerlang. Tetapi juga menjadi bekal yang memadai untuk merintis bisnis impian Anda.

Share With:
Rate This Article