Solusiukm
Bisnis

Wajib Tahu, Ini Jenis Promosi Penjualan yang Diincar Ibu-ibu!

Sebagai pelaku bisnis, kita tentu diwajibkan untuk mengetahu segala strategi dalam menjalankan usaha. Salahs atu trik yang sering dijalankan bisnis Indonesia bahkan seluruh dunia, adalah dengan menjalankan sebuah promosi. Promosi pun tentunya dilakukan dengan berbagai tujuan. Beberapa alasan untuk menjalankan promosi bisa menjadi alat atau strategi bisnis untuk mengenalkan produk mereka pada calon konsumen. Tentunya, calon konsumen akan tertarik dengan promosi yang diberikan, sehinggayang tadinya memilik produk sejenis yang lain, dengan adanya promosi dari produk kalian diharapkan calon konsumen dapat berpindah pada bisnis kalian.

Tujuan lain dari promosi penjualan, tentunya sebagai daya saing terhadap produk sejenis lainnya. Dengan menangnya produk bisnis kalian di mata konsumen, tentunya omzet dari penjualan bisnis kalian dapat naik dan terus melonjak tinggi. Dalam menentukan jenis promosi penjualan, tentu kita tidak bisa asal menetukan. Salah – salah, jenis promosi penjualan yang kalian buat bisa menjadi gagal dan tidak meraih tujuan yang awalnya kalian tetapkan.

Dalam menentukan jenis promosi penjualan, kalian perlu melihat siapa yang memang menjadi target pasar atau target market kalian. Jika kalian sudah tahu betul siapa target pasar kalian, tentu dalam menentukan jenis promosi penjualan, kalian bisa lebih terfokus, jelas, dan tentu tepat sasaran.

Kali ini, tim Solusi UKM akan menjelaskan apa saja daftar jenis promosi penjualan yang akan cocok digunakan bisnis UKM kalian yang memiliki target market ibu – ibu perempuan. Jika bisnis kalian menjual pakaian untuk ibu – ibu, atau justru sembako, kalian wajib membaca jenis promosi penjualan untuk ibu – ibu di bawah ini:

Promo Buy 1 Get 1

Yang pertama, jenis promosi penjualan yang bisa menggaet target pasar ibu – ibu tentunya adalah promo buy 1 get 1. Meskipun jenis promosi penjualan buy 1 get 1 ini termasuk yang sering digunakan, namun promo tersebut masih berhasil banget, lho, untuk meraih pelanggan. Ingat, budget promosi marketing dapat kalian gunakan untuk menjalankan jenis promosi penjualan ini.

Untuk mengakali jenis promosi penjualan ini, kalian bisa menentukan jenis promo buy 1 get 1 yang kalian gunakan. Misalnya, pembeli wajib membayarkan nominal paling mahal dalam 2 pilihan produk konsumen. Hal tersebut perlu kalian pikirkan matang – amatamg agar bisnis kalian juga tidak menjadi rugi.

Promo beli nominal tertentu, mendapatkan produk lain yang lebih murah

Yang kedua, salah satu jenis promosi penjualan adalah mendapatkan gratis produk tertentu setelah membeli dengan nominal tertentu. Sebagai contoh, jika melakukan pembelian 200 ribu, konsumen akan mendapatkan piring dengan warna pink yang tentunya akan disukai oleh konsumen – konsumen perempuan atau ibu – ibu.

Beli 3 (atau lebih), harga diskon tinggi

Yang ketiga, jenis promosi penjualan yang bisa kalian tiru adalah beli 3 atau lebih, akan mendapatkan harga diskon yang tinggi. Seperti contoh, jika produk kalian harga setiap produknya adalah 25 ribu, maka jika membeli 3 produk, kalian bisa memberikan harga 65 ribu. Pastikan perhitungan kalian sudah matang dalam memberikan jenis promosi penjualan ini ya, Sobat UKM!

Harga lebih murah karena ada cacat barang

Yang ini juga tidak kalah digemari oleh konsumen perempuan terutama ibu – ibu, lho! Biasanya jenis promosi penjualan ini akan menjual produk kalian yang tidak mulus dengan harga yang lebih murah 30%. Cek juga jenis cacat yang dimiliki produk kalian agar jangan sampai terlalu hancur. Contoh, jika kalian menjual gelas, kalian bisa memberikan jenis promosi penjualan ini jika terdapat retak dibagian pegangan tangan yang tidak membahayakan dan gelas masih berfungsi dengan baik. Pada umumnya, cacat tersebut ada hanya pad abagian estetik saja.

Jika harga dijual 100 ribu, bisa ditulis 97 ribu

Jenis promosi penjualan ini tentu tidak kalah penting. Hal ini disebabkan karena jenis promosi penjualan memancing sisi psikologi dari manusia yang mana konsumen kalian. Jika harga yang kalian jual 100 ribu, kalian bisa menjualnya dengan harga 97 ribu. Mengapa? Tentunya, trik ini digunakan untuk memberikan sugesti bahwa harga produk kalian masih berada di kisaran 90 ribuan, kok. Tentunya, kita semua tahu bahwa kenyataannya produk tersebut hampir 100 ribu.

Jangan lupa Sobat UKM, trik – trik di atas akan lebih berguna jika bisnis kalian mendapatkan panduan lengkap terutama saat pandemi seperti sekarang. Kita semua tahu bahwa masuknya virus Covid – 19 Corona di Indonesia memberikan dampak negatif dan perubahan secara drastis pola konsumsi dari konsumen Indonesia. Untuk itu, cek trik jitu agar bisnis UKM kalian bisa bertahan saat pandemi, GRATIS, KHUSUS PEMBACA SOLUSIUKM.com. Klik banner di bawah, ya! Tenang aja, ini BUKAN SPAM.

Artikel Terkait

Ini Bisnis yang Jangan Dijalani Saat Ramadhan 2020

marsha

5 Perilaku Belanja Online Masyarakat yang Harus Diketahui Pengusaha Online

marsha

Rahasia Restoran All You Can Eat Untung

marsha