Solusiukm
Bisnis

WARNING: Jadwal Mall Buka di Jakarta Ternyata Bikin Galau!

Mall – Mall di Jakarta yang sebelumnya ditutup karena peraturan pemerintah untuk mencegahnya penyebaran virus Covid – 19 Corona tersebut, sebentar lagi akan kembali dibuka. Tentunya, warga Jakarta atau area Jabodetabek tidak sabar dan untuk mencari tahu jadwal mall buka di Jakarta, bukan? (Jangan – jangan termasuk kalian ya para pembaca setia Solusi UKM? Hehehe!) Jadwal mall buka di Jakarta tentu membuat banyak elemen masyarakat antusias, sekaligus was – was.

Sebuah organisasi yang bernaung bernama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau biasa disingkat dengan nama APPBI daerah DKI Jakarta memberikan pengumuman sebuah info terkait jadwal mall buka di Jakarta. Pengumuman tersebut berisi bahwa sebanyak 60 pusat perbelanjaan berjenis mall sebentar lagi akan siap dibuka operasionalnya untuk masyarakat umum. Jadwal mall buka di Jakarta sendiri akan dimulai pada tanggal 5 Juni 2020. Jadwal dari mall buka di Jakarta tersebut tentunya sudah menyesuaikan dari jadwal pemerintah yang ada mengenai selesainya pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar pada ibu kota DKI Jakarta.

Tentunya seiring dengan jadwal mall buka di Jakarta, akan tidak semudah membuka bisnis pusat perbelanjaan seperti sebelumnya. Jadwal mall buka di Jakarta akan dibarengi dengan peraturan – peraturan ketat dan protokol kesehatan yang wajib dijalankan pihak dari manajemen mall, pegawai mall, dan juga mereka yang berencana untuk mengunjungi mall yang ada di Jakarta.

Tentu kita tahu bahwa kasus pandemi yang menghebohkan berupa virus Covid – 19 Corona tersebut telah masuk ke Indonesia sejak bulan Maret 2020. Penyebaran dari virus Covid – 19 Corona tersebut dirasa mengagetkan banyak pihak, terutama Indonesia dalam menanggulangi penyakit tersebut. Terlebih lagi, virus dari Covid – 19 Corona hingga saat artikel ini ditulis (27/ 05 /2020) belum juga ditemukan vaksin untuk mencegah penyebaran dari virus tersebut.

Dengan segala kehebohan tersebut, tentu pemerintah negara kita Indonesia, dan juga pemerintah dari negara – negara lain seluruh dunia, ikut dengan tegas memberlakukan peraturan – peraturan yang dirasa terbaik dan diharapkan akan mengurangi penyebaran – penyebaran dari virus Covid – 19 Corona. Salah satu peraturan yang ditetapkan oleh banyak negara adalah sistem lockdown. Sistem yang disebut lockdown tersebut memiliki definisi pembatasan pergerakan masyarakat atau penduduk secara serius dan tegas agar penduduk tetap berdiam di rumah. Namun, di negara kita Indonesia, sistem modifikasi dari lockdown lebih tepat dan cocok digunakan untuk masyarakat kita. Sistem modifikasi lockdown yang dianut kita adalah PSBB, atau sebuah singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dampak dari munculnya peraturan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar tersebut, tentunya diikuti dengan penutupan tempat – tempat hiburan umum. Tempat hiburan umum yang ditutup saat PSBB diberlakukan, diantaranya tempat ibadah, tempat wisata, bahkan mall atau tempat pusat perbelanjaan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau biasa disingkat dengan nama APPBI daerah DKI Jakarta, yang bernama Ellen Hidayat menjelaskan mengenai apa saja yang direncanakan sebagai salah satu jadwal mall buka di Jakarta. Dalam aturan yang dibuat tentu berdasarkan keputusan pemerintah berdasarkan peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 489 Tahun 2020 mengenai Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta. Peraturan dari Gubernur tersebut berisi bahwa perpanjangan PSBB DKI Jakarta awalnya dimulaiĀ  pada tanggal 22 Mei hingga tanggal 4 Juni 2020.

Berdasarkan dari peraturan tersebut, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau biasa disingkat dengan nama APPBI sudah melakukan persiapan dengan matang untuk kembali melakukan kegiatan bisnis dan beroperasi saatĀ  PSBB pada DKI Jakarta selesai. Jadwal mall buka di Jakarta tentu akan dipersiapkan dengan matang. Persiapan matang tersebut mengikuti gaungan dari pemerintah berupa ‘transisi new normal’ sehingga jadwal mall buka di kota Jakarta bisa dimulai tanggal 5 Juni 2020. “Selama ikut protokol kesehatan (mal bisa beroperasi). Soalnya PSBB yang sudah cukup lama ini membuat ekonomi tidak bergerak,” jelas Ellen hidayat sebagai Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau biasa disingkat dengan nama APPBI daerah DKI Jakarta, dikutip melalui CNN Indonesia.

Kita semua tahu betul bahwa dengan ditutupnya mall atau pusat perbelanjaan yang adak di ibu kota Jakarta tersebut tentunya akan sangat berdampak bagi banyak kalangan. Dampak negatif yang dihasilkan dari tutupnya mall – mall yang ada Jakarta, tentunya akan memiliki ‘domino effect‘ yang tentunya merembet ke berbagai industri bisnis. Belum lagi dampak yang dihasilkan dari penutupan mall – mall yang ada di Jakarta, seperti pegawai – pegawai mall yang jumlahnya ratusan tersebut terancam tidak mendapat pekerjaan dan dibayar.

Maka dari itu, dengan adanya pandemi Covid -19 Corona tentunya menjadi dilema yang memusingkan. jika mall atau pusat perbelanjaan tetap dibiarkan buka dan beroperasi, maka penyebaran dari virus Covid – 19 Corona akan semakin sulit diputus rantai penularannya. Yah, kita berharap saja semoga virus pademi cepat berlalu ya Sobat UKM! Dan kalaupun bisnis mall dibuka, semoga semua bisa taat akan protokol yang kesehatan yang ditetapkan, sehingga bisnis tetap berjalan semi normal dan pemasukan bisa tetap ada bagi karyawan – karyawan pusat perbelanjaan. Semangat!

Artikel Terkait

Bukalapak PHK Massal, Bisnis E-Commerce Suram?

Marsha Tiara

4 Tips Bisnis New Normal yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis UKM

marsha

Kisah Sedih ; Bisnis Wedding Organizer Hancur Saat Corona

marsha