a

Yuk Coba Sekarang, Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Sudah Punya Anak

Menjadi seorang ibu rumah tangga terkadang membuat Anda tidak bisa membantu suami untuk mencari uang tambahan demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dahulu, wanita yang ingin mendapatkan uang harus berfokus dengan bekerja. Tetapi saat ini cukup banyak jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak dan bisa dijalankan dari rumah.

Dengan memiliki usaha, tentunya Anda bisa membantu suami untuk menambah uang kebutuhan rumah tangga. Sebab banyak ibu rumah tangga yang pekerjaan rumahnya tidak begitu banyak, dan memiliki waktu luang di rumah, bingung ingin melakukan aktivitas apa untuk mengisi waktunya.

Tak perlu bingung, bagi Anda yang pernah menonton film Hijab The Movie yang rilis pada tahun 2015 lalu, pasti Anda tahu bagaimana cerita dari film tersebut. Dimana beberapa ibu rumah tangga ingin memiliki pendapatan tambahan dengan memulai bisnis hijab secara online. Itu salah satu ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga.

Jika Anda pernah menonton film tersebut, Anda tidak perlu mengikuti ide bisnis yang dimiliki oleh pemeran dalam film Hijab dengan berjualan bisnis hijab. Jika Anda memiliki ide bisnis lain, maka Anda bisa mencobanya. Nah berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga.

Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Sudah Punya Anak

Kuliner

Mungkin selain masak untuk keluarga, Anda bisa membuat masakan untuk dijual kembali. Jenis usaha kuliner cukup banyak, jika Anda tidak ingin menganggu aktivitas rumah tangga sepenuhnya maka Anda bisa membuka usaha kuliner yang hanya buka beberapa saat saja. Seperti menjual makanan untuk sarapan atau makanan untuk makan malam saja.

Seperti Anda bisa mencoba untuk jualan cemilan. Cukup banyak cemilan yang bisa Anda jual, seperti kue-kue basah, makanan ringan khas daerah atau sebagainya. Cukup mudah bukan?

Selain kuliner, Anda juga bisa mencoba berjualan minuman-minuman ringan seperti jus, cappucino cincau, cendol, dan es buah bisa menjadi pilihan usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak. Penghasilan dari penjualan kuliner pun cukup lumayan lho.

Jualan Pulsa

Selain kuliner, Anda juga bisa menjual pulsa di depan rumah. Berjualan pulsa meskipun untungnya tidak begitu besar, namun pembelinya cukup banyak. Sehingga dapat menguntungkan Anda dalam menjalankan usaha tersebut. Apa lagi dengan berjualan pulsa, tidak akan menganggu aktivitas Anda dalam mengurus rumah tangga.

Bisnis pulsa sangat cocok sebagai usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak. Saat ini cukup banyak ibu rumah tangga yang telah membuka gerai pulsa dari rumahnya. Karena banyak pelanggannya, Anda bisa mendaftar sebagai agen pulsa dari supplier-supplier yang memberikan harga yang cukup bersaing.

Kerajinan Tangan

Anda memiliki kreatifitas? Jika iya, kenapa tidak Anda manfaatkan dengan membuka usaha kerajinan tangan. Usaha tersebut bisa Anda mulai dengan memanfaatkan barang-barang sederhana atau membeli berbagai jenis manik-manik untuk dibuatkan kerajinan tangan berupa aksesoris tubuh seperti cincin, gelang, dan kalung.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kemasan plastik untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan. Seperti tas, tempat pensil, dompet, dan sebagainya. Hal terpenting dalam usaha kerajinan tangan adalah kreatifitas. Kerajinan tangan bisa menjadi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Usaha Tanaman

Anda suka berkebun? Ternyata meskipun Anda tinggal diperkotaan, tetap bisa lho berkebun dan menjadikan aktivitas tersebut sebagai aktivitas usaha untuk Anda. Caranya bagaimana? Mulai saja menjual tanaman-tanaman hias yang biasa diletakkan di pekarangan rumah. Usaha tanaman cukup menjanjikan dan bisa dilakukan tanpa memakan waktu untuk mengurus rumah tangga, usaha tanaman bisa menjadi alternatif usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak.

Menjahit

Zaman sekarang, masyarakat banyak yang ingin instan. Seperti menjahit, meskipun pakaian mereka robek sedikit, pastinya akan mereka bawa ke tukang vermak untuk dijahit kembali. Peluang usaha inilah yang bisa Anda jadikan usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak.

Banyak wanita yang pandai dalam menjahit, mungkin Anda salah satunya. Kenapa kemampuan Anda tersebut tidak dimanfaatkan untuk memulai usaha menjahit. Usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak dengan menjahit dapat dilakukan dengan mudah. Karena usaha ini cukup menjanjikan dan sangat berpeluang besar.

Les Privat

Anda merasa memiliki cukup ilmu dalam berbagai bidang pengetahuan. Atau Anda adalah ibu rumah tangga dengan gelar sarjana pendidikan, kenapa Anda tidak membuka les privat di rumah. Cukup menyediakan beberapa meja belajar dan papan tulis, Anda bisa memberikan materi pelajaran kepada anak-anak. Jika Anda berminat, maka Anda bisa mencoba untuk membuka usaha les privat. Sasaran konsumen Anda yakni anak-anak disekitar lingkungan Anda terlebih dahulu.

Menjadi Blogger atau Penulis

Usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak adalah menjadi penulis lepas atau blogger. Anda yang memiliki kemampuan menulis dengan baik, dan memiliki hobi dalam menulis mungkin bisa dijadikan peluang bisnis untuk Anda.

Saat ini cukup banyak lho para blogger yang sudah sukses dalam menjalankan usaha tersebut. Dan cukup banyak blogger yang berasal dari kalangan wanita. Sebab, mereka merasa memiliki waktu luang yang cukup untuk melakukan les private.

Bisnis Online

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang agar mendapatkan pendapatan yang cukup adalah dengan berjualan online. Anda bisa berjualan online dengan memanfaatkan berbagai produk yang sudah ada dan dijual kembali secara online.

Cukup dengan memanfaatkan jaringan internet yang ada dari rumah, Anda bisa mengolah bisnis online dari rumah. Cukup banyak lho bisnis online yang bisa dilakukan dari rumah. Seperti menjadi reseller, dropshipper, dan menjadi Affiliate. Ketiga model bisnis tersebut sangat cocok menjadi usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak.

Salah satu affiliate yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi Accurate Digital Partner (ADP), Anda bisa menjual produk-produk Accurate Software dan mendapatkan fee yang cukup besar hingga 20 % dari penjualan produk Accurate. Anda tidak perlu menjual dengan door to door, tetapi Anda bisa melakukannya secara online dengan berjualan di marketplace atau memanfaatkan blog pribadi atau blog khusus untuk berjualan.

Penerjemah

Memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni ternyata bisa Anda manfaatkan dijadikan peluang usaha demi mendapatkan uang tambahan lho. Penerjemah adalah salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak dan memiliki prospek cukup besar.

Anda bisa mencoba dengan mencari lowongan freelance penerjemah dari internet, seperti di jobstreet.com, freelancer.com, sribulauncher, dan situs-situs penyedia jasa penerjemah lainnya. Jika hanya sekedar menerjemahkan dokumen Anda bisa melakukannya dari rumah, dan memiliki waktu kerja yang bisa Anda lakukan kapanpun Anda inginkan tanpa membebani pada aktivitas rumah tangga Anda.

Usaha Merias

Mungkin Anda memiliki kemampuan merias, jika Anda inginkan maka kemampuan tersebut bisa Anda jadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan dengan membuka usaha rias. Usaha rias memiliki keuntungan yang luar biasa tanpa harus menganggu aktivitas rumah tangga. Apa lagi merias tidak selalu setiap jam atau setiap hari, namun keuntungannya cukup lumayan. Anda bisa mencoba untuk melakukannya.

Bagaimana cara promosinya? Cukup pasang plang saja di depan rumah dengan tulisan “Menerima rias” atau infokan kepada tetangga terdekat bahwa Anda membuka usaha rias di rumah. Merias bisa menjadi usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak lho. Tentunya tidak akan menganggu waktu Anda bersama keluarga.

Loket Pembayaran

Usaha untuk ibu rumah tangga yang sudah punya anak selanjutnya adalah loket pembayaran. Saat ini banyak ibu rumah tangga yang memulai usaha dengan membuka loket pemabayaran yang melayani pembayaran listrik, PDAM, BPJS, cicilan kendaraan, dan juga berbagai jenis pembayaran. Tentunya Anda wanita rumah tangga bisa mencoba untuk membuka usaha yang satu ini.

Usaha Dengan Investasi

Investasi saat ini cukup banyak dilirik oleh para ibu rumah tangga. Mereka memilih investasi karena menganggap bahwa usaha ini sangat mudah dilakukan. Anda bisa mencoba berinvestasi dengan berbagai jenis produk investasi. Seperti membeli logam mulia, reksadana, dan saham.

Ketiga jenis investasi ini bisa menjadi tabungan jangka panjang. Misal saat ini Anda ingin menyisihkan tabungan untuk pendidikan anak, membeli kendaraan, membeli rumah, dan memenuhi kebutuhan lainnya, maka investasi bisa menjadi pilihan Anda untuk melakukan hal tersebut.

Share With:
Rate This Article